Gratis Kembalikan Barang di Zalora, Ini Caranya

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Platform e-commerce, Zalora kini merilis program yang membuat nyaman dan aman bagi pelanggan. Zalora merilis program pengembalian barang yang dibeli dari platformnya secara gratis di seluruh Indonesia. Dalam program ini, Zalora Indonesia bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menjangkau lebih dari 2.900 lokasi kantor cabang di Indonesia.
 
“Zalora menjadi e-commerce pertama di Indonesia, yang menawarkan jasa pengembalian barang gratis. Pos Indonesia adalah partner logistik yang tepat untuk kami menjangkau seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Managing Director Zalora Indonesia, Anthony Fung di UOB Plaza, Jakarta Pusat, Selasa 1 Desember 2015.
 
Anthony mengungkapkan, alasan mengapa memilih bekerjasam dengan PT Pos Indonesia, meski Zalora mempertimbangkan kepuasan pelanggan yang menjadi prioritas nomor satu bagi mereka.
 
“Zalora ingin menghilangkan rasa takut pelanggan dalam berbelanja online dengan cara mempermudah proses pengambalian barang,” ucapnya.
 
Sementara itu, kata Anthony, program ini mendekatkan Zalora dengan 70 persen pelanggan yang tersebar luas di luar pulau Jawa. PT Pos Indonesia dipaparkan mempunyai cabang lebih dari 1599 lokasi di Pulau Jawa dan 1296 lebih di luar Pulau Jawa.
 
“Lebih dari 70 persen pelanggan kami berasal dari luar pulau Jawa,” katanya.
 
Corporate Secretary PT Pos Indonesia, Amrizal mengungkapkan, misi mereka bekerja sama dengan Zalora juga memperkuat ekosistem bisnis online, yang mana PT Pos Indonesia menjadi kurirnya.
 
“Misinya itu trust, inilah peran utama PT Pos Indonesia, kita akan membawa misi,” tegas Amrizal.
 
Layanan pengembalian barang yang dibeli dari Zalora sudah dapat dinikmati secara langsung oleh konsumen. Layanan ini, terutama dalam menyambut periode tertinggi belanja online di perayaan '12.12 Online Fever' pada pekan depan.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota

Cara pengembalian barang

Terkait mekanisme untuk pengembalian barang, Anthony menjelaskan, pelanggan harus mengisi formulir pengembalian barang Zalora melalui tautan www.zalora.co.id/return.

Pemain e-Commerce Taruh Harapan ke Kabinet Baru Jokowi

Lalu, produk dikemas dalam tas atau kotak atau plastik Zalora, yang kemudian stiker return ditempelkan di bagian bungkus yang terluar.

Selanjutnya, konsumen datang ke kantor Pos Indonesia yang terdekat dari lokasi tempat tinggal.

Setelah itu, paket yang ingin dikembalikan diberikan pada petugas di Kantor Pos, dengan menyimpan bukti penerimaan paketnya. Dan, yang terpenting, kata Anthony, layanan tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara itu, produk pengganti atau pengmbalian dana akan dikonfirmasi dalam waktu tujuh hari kerja. (asp)

Pengguna smartphone

Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia

Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar di Asia.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016