Teknologi Kogenerasi Bikin Hemat Listrik Sampai Rp42 Triliun

Operasional PLTU Muara Karang
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kepala Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Andhika Prastawa, menyebutkan penerapan teknologi kogenerasi untuk pembangkit tenaga listrik di tiga bidang sektor, yaitu industri, komersil dan manufaktur, akan menghemat pengeluaran listrik sekitar Rp42 triliun per tahun.
 
Dia mengatakan, teknologi kogenerasi merupakan teknologi yang memanfaatkan sisa panas dari industri untuk dipakai sebagai sumber energi listrik. Teknologi tersebut juga berfungsi mengurangi dampak lingkungan.
 
“Bahwa di tiga sektor, sektor industri, komersil dan manufaktur itu terdeteksi adanya potensi penerapan teknologi kogenerasi, yaitu pemanfaatan sisa panas dari industri, kemudian dibangkitkan sumber energi listrik,” kata Andhika, di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Desember 2015.
 
Andhika menjelaskan, tiga sektor tersebut bisa menghemat pengeluaran biaya listrik dengan memanfaatkan sisa panas industri tersebut. Penerapan kogenerasi itu bisa menghasilkan energi listrik 6.500 Megawatt Hours (MWh) per tahun. Sehingga, secara kesuluruhan, diperhitungkan bisa menghasilkan pembangkit listrik 45 ribu Gigawatt Hours (GWh).
 
"Bila 6.500 MWh diterapkan kogenerasi, ia bisa menghasilkan listrik tanpa harus membakar bahan bakar lagi. Hanya dengan sisa panas yang kemudian didaur ulang menjadi sumber energi listrik lagi dan kemudian keseluruhan (sektor) menghasilkan sekitar 45ribu GWh," jelasnya.

Sementara disebutkan untuk pengeluaran listrik tiga sektor tersebut diestimasi sekitar Rp42 triliun per tahun.
 
“Berapa penghematan atau pemborosan yang bisa bisa di-cover menjadi penghematan listrik adalah sekitar Rp42 triliun,” katanya.
 
Andhika menambahkan, teknologi kogenerasi berfungsi membuat industri mendapatkan listrik tanpa mengeluarkan biaya.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
Pekerja memasang kawat baja sebelum pengujian tower transmisi listrik milik PLN. Foto ilustrasi

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

Sari 34 proyek ada 12 proyek tidak bisa berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016