Misteri Kubah Aneh di Permukaan Planet Mars

Kubah di permukaan Planet Mars
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/NASA

VIVA.co.id - Penampakan aneh di permukaan Planet Mars kembali ditemukan. Temuan aneh itu kali ini berupa kubah yang terlihat tak asing dengan yang ada di bumi.

Penampakan kubah itu diambil dari kendaraan penjelajah Badan Antariksa AS (NASA), Opportunity. Hasil tangkapan kendaraan penjalajah tersebut menunjukkan jika kubah itu digambar oleh pencari objek terbang misterius (UFO) sebagai 'kubah buatan manusia'. Penampakan itu terlihat dari batuan di Planet Mars.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa, 1 Desember 2015, sontak penampakan aneh itu menumbuhkan berbagai teori spekulasi.

Salah satu website konspirasi, Unsilent Majority, menyebutkan kubah itu merupakan bukti bahwa ada pembuat kubah di masa lalu.

"Keberadaan kubah di Mars membuktikan bahwa seseorang atau sesuatu bisa membangun kubah di masa lalu. Apakah mungkin kita melihat beberapa jenis bangunan yang ditinggalkan oleh penduduk kuno Mars?," tulis website tersebut.

Website itu menuliskan, ada opsi penjelasan lain, yaitu kubah tersebut adalah semacam formasi batuan alam. Namun demikian, pengelola website itu tak mengabaikan kemungkinan ada sisa struktur mahluk asing atau alien di Planet Mars.

Sementara pengeloa website juga menuding kubah itu adalah bagian dari program anatriksa rahasia NASA atau armada kecil yang dioperasikan di antariksa.

Dalam pengamatan tersebut, kubah itu menunjukkan ada tampilan cahaya di bagian tengah kubah. Cahaya tersebut diduga berwarna metalik dan itu memantulkan sinar matahari.

Disebutkan penemuan kubah itu tercatat baru pertama kali di permukaan Mars. Sementara di permukaan bulan, sudah ditemukan adanya penampakan mirip kubah beberapa waktu lalu. Penjelasan pada kubah di bulan menunjukkan bahwa kubah itu merupakan hasil dari erupsi kuno dari gunung berapi luas dan datar.

Penampakan kubah ini makin menambah deret temuan objek yang mirip di bumi. Sebelumnya pada awal tahun ini, telah ditemukan objek bangunan mirip piramida di permukaan Planet Merah tersebut. Menanggapi adanya penampakan piramida itu, teori konspriasi meyakini mereka telah melihat replika Piramida Mesir di Mars.

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Mereka berpendapat piramida itu bukti peradaban kuno yang pernah tinggal di Planet Merah itu.

Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri

Teknologi dan anggaran NASA saat ini dianggap belum siap.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016