Apple Buang Port Headphone pada iPhone 7?

Iphone, salah satu produk Apple.
Sumber :
  • REUTERS/Beck Diefenbac

VIVA.co.id - Rumor baru seputar iPhone terbaru yang bakal dirilis Apple tahun depan terus bermunculan. Teranyar, media blog terkenal Jepang, Mac Otakara melaporkan kemungkinan iPhone baru, bisa juga bernama iPhone 7, bakal hadir tanpa port audiojack 3,5 milimeter yang selama ini lazim pada perangkat komputasi.

Mengklaim telah mendapatkan bocoran dari sumber terpercaya, Mac Otakara menuliskan bahwa Apple berencana ingin membuang port audio tersebut.

Blog tersebut, dikutip oleh Mac World, Senin, 30 November 2015, menuliskan pembuangan port untuk headphone merupakan bagian untuk membuat iPhone anyar itu makin tipis.

Jika rumor itu benar, maka dampaknya iPhone 7 bakal hadir lebih tipis satu milimeter dibanding iPhone 6s. Situs Jepang itu juga melaporkan sebagai pengganti port headset itu, iPhone terbaru nanti akan hadir dengan EarPod berbasis cahaya.

iPhone 7 Plus Hadir dengan Memori 'Raksasa' 258 GB?

Rumor yang berhembus itu mendapat perhatian dari situs teknologi lainnya dan diyakini rumor itu bakal terwujud. Situs Mac Rumors melabeli blog Mac Otakara sebagai 'kerap terpercaya'. Mac Rumors mencatat, Apple nantinya akan memperkenalkan spesifikasi MFi untuk headpset berbasis cahaya pada Juni tahun lalu. Spesifikasi itu disebutkan merupakan skema untuk peralihan dari port headset tersebut.

Apple memang selama ini beberapa kali membuang beberapa fitur atau komponen pada perangkatnya. Misalnya pada iMac versi original, hadir tanpa ruang floppy drive, dan mempopulerkan port USB. Sedangkan belum lama ini MacBook Retina 12 inchi membuang hampir semua port yang mendukung port headphone dan port single USB-C.

Dalam catatan sejarah perangkat, ponsel pintar pertama berbasis Android, HTC G1 juga hadir tanpa port audiojack.

Iphone, salah satu produk Apple.

Analis: iPhone 7 Bakal Mengecewakan

Apple kemungkinan rilis iPhone 7 pada September.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016