Kotak Telepon Umum Jadi Tempat Bersejarah di Amerika

Kotak telepon umum di Arkansas
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Dulu kotak telepon umum menjadi andalan semua orang untuk berkomunikasi. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi seluler, telepon umum mulai dilupakan.

Di Amerika, kotak telepon umum sudah jarang ditemukan saat ini. Namun, ada satu yang masih berdiri tegak dan berfungsi, yakni di Arkansas. Kotak telepon umum itu bahkan dijadikan salah satu tempat bersejarah nasional (National Register of Historic Places).

Terletak di Arkansas, telepon ini tepatnya berada di seberang taman Prairie Grove Civil War Battlefield State, atau sekitar 225 kilometer dari Little Rock. Ini satu-satunya kotak telepon umum yang masih berdiri, dengan desain aluminium dan kaca.

"Ini dibuat oleh perusahaan bernama Bell Telephone Co. Satu di antara ribuan kotak telepon umum yang pernah mereka produksi, dan masih bertahan sampai sekarang," ujar David Parks, Presiden The Prairie Grove Telephone Co., pihak yang mengelola telepon umum itu, dilansir dari Reuters, Jumat, 27 November 2015.

Menurut Parks, kotak telepon di lokasi itu didirikan pada 1950an. Hingga saat ini, telepon itu masih berfungsi, namun hanya mampu mengumpulkan pendapatan US$4 per tahun. Artinya, setiap tahun hanya ada 16 panggilan dengan biaya 25 sen untuk sekali menelepon.

Dikisahkan Parks, perusahaan sempat berpikir untuk mengangkat telepon umum itu. Namun, suara di media sosial justru berkata lain.

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu

Ramainya permintaan untuk mempertahankan booth telepon itu pun didengar oleh badan pemeliharaan tempat sejarah di Arkansas. Telepon itu pun masuk dalam daftar lokasi bersejarah dan dalam waktu dekat akan menjadi tujuan wisata.

"Kami rasa, ini sangat penting. Tidak hanya karena desainnya, tetapi juga sebagai simbol komunikasi di abad lalu," ujar Ralph Wilcox dari Arkansas Historic Preservation Program. (art)

Uber XL

Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta

Kenny Bachman sedang kongko dengan kawan-kawan saat mau pulang.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2018