Robot Perempuan Ini Diklaim Paling Seksi di Dunia

Robot Geminoid F
Sumber :
  • www.metro.co.uk/Splash News

VIVA.co.id - Robot mirip manusia atau humanoid sudah banyak muncul dengan berbagai kemampuannya. Terbaru, ada robot humanoid yang menyita perhatian di World Robot Exhibition di Beijing, Tiongkok. Dia adalah robot Geminoid F.

Robot yang dikembangkan peneliti kecerdasan buatan Osaka University, Jepang itu menarik perhatian pengunjung pameran tersebut. Bahkan robot tersebut dijuluki 'robot terseksi di dunia'.

Label terseksi itu memang karena kemampuan dan desain robot perempuan tersebut. Dikutip dari Daily Mail, Jumat, 27 November 2015, robot Geminoid F punya kemampuan layaknya wanita.

Robot setinggi 1,6 meter itu bisa menggerakkan mata, merespons kontak pandangan mata dan bahasa tubuh orang lain.

Robot seksi ini pun bisa tersenyum, mengerutkan alis dan menggerakkan mulutnya. Tak cukup itu saja, Geminoid F ini bisa bernyanyi, memainkan rekaman dan mengucapkan apa yang diucapkan orang.

Soal tampang, robot ini juga dibikin semirip mungkin dengan wanita pada umumnya. Pencipta robot ini merancang kulit dan wajah Geminoid F dengan karet sehingga mirip seperti wanita.

Disebutkan, salah satu yang tak bisa dilakukan robot terseksi ini adalah berjalan. Robot ini hanya bisa berputar saja di sekitar titiknya.

Pencipta robot terseksi itu, Hiroshi Ishiguro, mengatakan ia menghadirkan Geminoid F untuk menunjukkan kekuatan kecerdasan buatan dalam tubuh robot. Dia melihat kebanyakan bentuk kecerdasan buatan masih terganggu, misalnya sistem pengenalan suara yang tergantung dengan jenis gangguan lingkungan.

"Di masa depan, kami bakal menciptakan beberapa sistem kecerdasan buatan yang sempurna dengan menggunakan robot ini," kata Ishiguro.

Robot Geminoid F ini dilengkapi dengan penggiat bermotor yang didayai oleh tekanan udara. Hal ini memungkinkan robot perempuan itu bisa meniru ekspresi wajah manusia.

Gemonoid F disebutkan tak hanya mejeng di pameran saja tapi sudah berperan sebagai Leona dalam sebuah film Jepang berjudul, 'Sayonara'. Film bertema dampak pembangkit listrik tenaga nuklir itu telah dirilis pada awal tahun ini.

Dalam film tersebut, Leona menunjukkan loyalitasnya kepada majikan saat evakuasi bencana nuklir.  Direktur film Sayonara, Koji Fukada mengatakan mengatur aktris robot Android malah lebih mudah dibanding bekerja dengan aktris manusia.

"(Robot) Android ini tak mengeluh, tak pernah lapar dan tak perlu tidur," kata Fukada dalam sebuah festival film, Tokyo International Film Festival.

Robot Geminoid F versi terbaru dihargai US$108.600 atau RP1,49 miliar dan biaya perbaikannya juga terbilang mahal yaitu US$83 ribu atau Rp1,14 miliar.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Robot Geminoid F

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023