Google Maps Tanpa Internet Hadir di Indonesia

Google Maps offline
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Kabar baik bagi pengguna Google di Indonesia, khususnya pada fitur Maps-nya. Sebab, mulai saat ini untuk merasakan layanan tersebut bisa dinikmati secara offline alias tanpa perlu ada koneksi internet.

Fitur Offline ini memungkinkan pengguna dapat mengunduh sebuah area wilayah di ponsel. Sehingga, saat koneksi sedang tidak stabil ataupun tiba-tiba hilang, maka Google Maps akan tetap bekerja.

Fitur tersebut akan bekerja, apabila pengguna telah menyimpan sebuah area yang bisa diakses ketika tidak terdapat jaringan. Dengan demikian, pengguna dapat mencari destinasi untuk menemukan informasi, seperti jam operasional, nomor telepon, hingga rating tanpa mengkhawatirkan lagi soal koneksi internet.

"Dengan peluncuran fitur Offline di Google Maps, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok di jalan yang salah,” kata Nikhil Vaishnavi, Product Manager, Google Maps dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 November 2015.

Dikatakannya, pengembangan fitur Offline ini telah menunjukkan inovasi Google Maps secara offline ini pada acara konferensi tahunan Google I/O pada Mei 2015.

Mengenai kehadiran fitur Offline ini di Tanah Air, disampaikan Google, akan diluncurkan secara bertahap untuk pengguna Google Maps versi terbaru di ponsel berbasis Android dan iOS dalam waktu dekat.

"Seiring waktu, kami akan meluncurkan lebih banyak lagi fitur Offline untuk membantu Anda menemukan arah, bahkan saat Anda tak bisa menemukan koneksi Internet. Karena kehilangan sinyal, bukan berarti harus kehilangan arah," ucapnya.

Cara gunakan fitur Offline

Cara menikmati layanan fitur Offline dari Google Maps ini, yakni misalnya berencana ke tempat di Jakarta, maka sebelumnya diharuskan mengunduh terlebih dahulu di ponsel yang digunakan untuk navigasi. Kemudian, ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih unduh.

Cara lainnya, pilih unduh area offline di menu utama Google Maps, lalu masuk ke pilihan 'area offline' dan tekan tanda '+' berwarna biru di pojok kanan bawah. 

Setelah mengunduh peta yang pengguna pilih, Google Maps akan tetap bekerja tanpa koneksi Internet. Ketika ponsel Anda kembali terhubung dengan internet, Google Maps akan kembali beralih pada fungsi online, yang memberikan fungsi lengkap seperti informasi kemacetan real-time di rute yang pengguna lalui.

Kini Ada Fitur Ride Sharing di Google Maps
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016