Setengah Populasi Primata Dunia Terancam Punah

Spesies Lemur dari Madagaskar
Sumber :
  • ist.

VIVA.co.id - Laporan terbaru menyatakan jika setengah dari populasi primata di dunia sedang diambang kehancuran. Para ahli pun menyerukan tindakan konservasi untuk menyelamatkan kerabat terdekat manusia itu.

Laporan tersebut dipaparkan di Singapura oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Dalam laporan bertajuk Primates in Peril: The World’s 25 Most Endangered Primates 2012–2014, ditegaskan bahwa habitat-habitat ini menghilang akibat pembakaran dan pembukaan lahan hutan.

"Perburuan primata untuk perdagangan hewan liar atau perdagangan satwa juga merupakan ancaman serius bagi sejumlah spesies yang terancam punah. Beberapa di antaranya yang masuk dalam daftar merah spesies hampir punah adalah monyet hantu dari Filipina dan kukang kerdil gunung Lavasoa dari Madagaskar, yang biasa dikenal dengan King Julien," ujar laporan tersebut, seperti dikutip dari IB Times, Rabu, 25 November 2015.

Dalam laporan itu juga dipaparkan, di antara banyaknya spesies hampir punah, lima spesies berasal dari Afrika, enam dari Madagaskar, sembilan spesies dari Asia, dan lima spesies lain dari Neotropics.

"Diharapkan, daftar ini akan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan publik pada umumnya untuk mulai melakukan tindakan konservasi. Para primata ini memiliki peran penting dalam mempertahankan keanekaragaman hutan tropis, dan tentunya memitigasi perubahan iklim," ujar Russell Mittermeier dari IUCN.

Setidaknya, dikatakan Mittermeier, ada 703 spesies dan subspesies primata di dunia. Paling banyak berasal dari Madagaskar. Negara lainnya, seperti Vietnam memiliki lima spesies terancam punah.

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia

Indonesia memiliki tiga spesies terancam punah, dan Brasil ada dua. Selain itu ada spesies di China, Kolombia, Republik Kongo, Ekuador, Papua Nugini, Ghana, Kenya, Peru, Sri Lanka, Tanzania, dan Venezuela yang masing-masing memiliki satu spesies terancam punah. (art)

Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022