Ruangguru.com Bantu Guru Makin Berkualitas dan Sejahtera

Teachers Development Program
Sumber :
  • Ruangguru.com

VIVA.co.id - Hari ini, 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Bertepatan dengan momentum tersebut, Ruangguru.com, startup teknologi lokal yang menyediakan layanan pendidikan dan konten belajar berkualitas, menegaskan ambisinya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pengajar di Indonesia.

Ambisi tersebut diwujudkan melalui berbagai inisiatif, baik berupa program pelatihan maupun program apresiasi yang telah dirancang khusus bagi para pengajar yang tergabung di platform Ruangguru.com.

Sejak rilis pada April 2014, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22 ribu pengajar privat yang terdiri atas guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama, serta kaum profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar dan ingin mencari penghasilan tambahan.

Jenis mata ajar yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandardisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan lainnya.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley

Para pengajar di Ruangguru.com juga sudah cukup terkenal, karena tingkat kualitasnya. Terbukti dari sebanyak 95 persen pengajar yang bergabung dan mengajar di Ruangguru.com memperoleh rating sangat baik dari para murid.

Dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu 25 November 2015, Product Manager Ruangguru.com, Rosmiyana, mengatakan, salah satu visi utama startup mereka yaitu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar.

"Kami meyakini bahwa tanggung jawab mendidik itu bukan hanya ditanggungkan kepada guru di sekolah, namun siapa pun. Selama ini, kami mencoba memfokuskan upaya di area ini guna membuka akses kepada lebih banyak masyarakat umum maupun pendidik profesional agar bisa lebih terlibat aktif dalam mencerdaskan bangsa," kata dia.

Sayangnya, kata dia, persepsi yang berkembang di masyarakat adalah kompensasi bagi profesi pengajar relatif tidak semenarik profesi lainnya. Menyadari hal tersebut, Ruangguru.com terus berupaya agar memunculkan berbagai mekanisme sumber penghasilan lain yang lebih adil dan juga menarik.

Dalam rangka meningkatkan kualitas guru, Ruangguru.com melakukan berbagai inisiatif, seperti pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka.

Misalnya, lewat platform tes.ruangguru.com, untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional yang berlangsung selama November.

Ruangguru.com menyebutkan manfaat yang bisa dipetik oleh para pengajarnya, yaitu mendapatkan kompensasi cukup kompetitif dibandingkan saat mengajar di tempat lain. Rosmiyana menyebutkan, pada umumnya guru privat di lembaga lain akan mendapatkan upah sekitar Rp40-65 ribu per jam untuk kelas berkelompok, sedangkan di Ruangguru.com, upah ditetapkan guru.

"Secara agregat para pengajar di Ruangguru.com memperoleh upah sebesar Rp98 ribu per jam," ujar Rosmiyana.

Ruangguru.com juga memiliki program apresiasi guru, berupa bonus tambahan berbasis performa privat mereka setiap bulan. Nilai apresiasi disebutkan bisa mencapai Rp1 juta untuk guru yang aktif.

Startup ini juga menggelar pelatihan Teacher Development Program yang bakal dilangsungkan secara berkala setiap bulan di berbagai wilayah Indonesia. Dalam menggulirkan pelatihan ini, Ruangguru.com bekerja sama dengan Microsoft, untuk memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung proses belajar mengajar. (art)

Lima Tips Jadi Guru Pengganti di Sekolah
Startup yang akan berguru ke markas Google

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

Ini merupakan gelombang kedua startup Indonesia yang digembleng Google

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016