Planet Mars Bakal Punya Cincin Seperti Saturnus

Ilustrasi Planet Mars punya cincin
Sumber :
  • www.space.com

VIVA.co.id - Siapa yang menyangka, sekitar 40 juta tahun yang akan datang, Planet Mars berpotensi memiliki cincin, seperti yang mengitari Planet Saturnus. Dugaan tersebut semakin kuat usai dilakukan penelitian yang baru-baru ini dirilis.

Cincin yang disebut Halo itu bakal muncul di Mars karena adanya gesekan yang terjadi antara Mars dan salah satunya bulannya, Phobos. Seperti diketahui, Planet Merah itu punya dua bulan yang aktif mengorbit, yakni Phobos dan Deimos. Nama yang diambil dari anak-anak Dewa Ares dalam mitologi Yunani.

Phobos, yang lebarnya hanya 14 mil atau sekitar 22 kilometer itu mengorbit Mars dengan cepat. Bahkan satelit alami Mars tersebut mengalami pergeseran, terus mendekat ke planet induknya sekitar 6,5 kaki atau dua meter setiap abad. Seperti yang di alami Bumi dan Bulan, Mars dan Phobos juga punya sifat gaya pasang surut. Bedanya, Bumi dan Bulan kemungkinan kecil untuk tabrakan.

"Faktor utama yang mempengaruhi kenapa Phobos akan menabrak Mars dan pecah adalah karena kekuatan. Bila Phobos terlalu lemah untuk menahan tekanan pasang surut maka itu yang akan membuatnya hancur," ujar Tushar Mittal, seorang mahasiswa pascasarjana University of California, Berkeley, AS dilansir Space, Selasa, 24 November 2015.

Hal itu memicu dugaan kalau nanti Phobos akan mengalami tabrakan hebat dengan Mars. Peristiwa itu akan membuat bulan tersebut hancur berkeping-keping karena Mars punya kekuatan yang lebih untuk bertahan dalam tabrakan.

Mittal menyebutkan, temuan soal tabrakan itu pun dijadikan simulasi bersama rekan-rekannya. Simulasi tersebut dilakukan untuk mengetahui, apa yang terjadi selanjutnya pada Mars dan Phobos usai mengalami tabrakan hebat.

Mereka menemukan, tabrakan yang akan terjadi sekitar 20-40 juta tahun lagi menjadi nyata. Phobos yang hancur itu akan menjadi bebatuan luar angkasa. Puing-puing sisa Phobos itu tidak terbang melayang ke tempat lain, melainkan mengorbit Mars. Hal itu yang akan membuat planet tersebut punya cincin seperti yang telah dimiliki oleh Saturnus.

"Bulan (Phobos) ini mungkin akan jadi puing-puing dan mengorbit," ungkap Mittal.

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri

Teknologi dan anggaran NASA saat ini dianggap belum siap.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016