Pembajakan Online Bikin Industri Musik RI Babak Belur

Anggota Dewan ASIRI, Toto Widjojo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengemukakan pembajakan secara online disertai perubahan tren mendengarkan musik telah berperan besar atas pelemahan produksi album tiap tahun, sehingga membuat industri musik nasional jadi menderita. Anggota dewan ASIRI, Toto Widjojo, mengatakan ada perbandingan industri musik yang signifikan dari 1996 hingga tahun ini.

AJI Minta Pemblokiran 11 Situs Diuji Pengadilan
"Tahun 1996 itu ada 80 juta unit album‎ per tahunnya. Tapi, sekarang di bawah 10 juta album," ucap Toto ditemui di Gedung Serbaguna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin 23 November 2015.

DPR Dorong Produksi CD Musik dan Film Diberi Insentif
Toto menjelaskan penurunan jumlah album tersebut, karena bergesernya tren industri musik. Dari mulanya fisik, kini berubah ke digital.

Pemerintah Kesulitan Atasi Website Bahrun Naim
"Jadi, tak hanya situs-situs musik, perubahan tren juga mempengaruhi. Tetapi, akibat pembajakan, industri semakin menurunkan pendapatan," katanya.

Toto menyebutkan, berdasarkan data yang telah dihimpun oleh ASIRI pada 2013 lalu, ditemukan ada enam juta unduhan ilegal per harinya. Undahan tersebut terjadi pada situs-situs musik ilegal, bukan pada situs musik seharusnya.

"Bila kita asumsikan satu lagu itu harganya Rp1.000, maka kerugian per harinya mencapai Rp6 miliar. Kemudian dikalikan dalam sebulan (30 hari) bisa Rp180 miliar. Maka, kerugian yang dialami industri setiap tahunnya bisa mencapai Rp2,16 triliun," ungkapnya.

Diberitakan sebelum, akibat menimbulkan kerugian, maka ASIRI melaporkan dua puluhan situs musik ilegal kepada Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian, laporan tersebut ditindaklanjuti oleh Kominfo untuk memblokir 22 situs-situs musik ilegal, melalui para penyelenggara jasa internet (ISP).

Ke-22 situs musik ilegal yang telah diblokir yaitu‎:

1. laguhit.com
2. mp3days.net
3. weblagu.com
4. wapkalagu.com
5. iozmusik.com
6.‎ lagu.in
7. carilagu.net
8. bursalagu.net
9. beemp3s.org
10. arenalagu.com
11. saranmu.com
12. tubidy.im
13. stafaband.info
14. memomp3.com
15. zinhu.com
16. mp3take.com
17. kumpulbagi.com
18. onlagump3.com
19. newlagump3.com
20. targetlagu.com
21. musik-corner.info
22. musicxplore.com

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya