Penelitian Temukan Cara Agar Pria Bisa Hamil

Hamil
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Peneliti mengungkap besar kemungkinan pria juga bisa mengalami kehamilan. Hal ini terjadi berkat adanya prosedur transplantasi rahim.

Penelitian mengenai transplantasi rahim sebelumnya telah dilakukan oleh tim dari Cleveland Clinic. Namun mereka tidak menjelaskan apakah hal itu bisa diterapkan pada pasien pria. Penegasan atas kemungkinan pria bisa hamil ini diutarakan oleh ahli reproduksi, Dr. Rebecca Flyckt.

Flyckt, yang merupakan obstetrician-gynaecologist (dokter obgyn/kandungan), menyatakan jika hal itu secara teoretis bisa dilakukan pada pria. Melalui prosedur itu pria bisa hamil.

"Ini akan menjadi upaya bedah dan endokrinologis yang luar biasa besar. Tidak hanya melibatkan penciptaan vagina, tapi juga pembedahan seluruh bagian panggul, yang bisa dilakukan oleh ahli operasi transgender," ujar Flyckt, seperti dikutip dari IB Times UK, Rabu, 18 November 2015.

Menurut Flyckt, setelah prosedur transgender dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencangkok rahim dari donor.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Pasien pun harus menjalani terapi hormon untuk mendukung kehamilan sebelum dan sesudah transplantasi embrio. Mirip dengan serangkaian hormon yang diberikan kepada wanita menopause yang ingin hamil lagi.

Dikatakannya, meskipun rahim merupakan milik orang lain yang didonorkan ke seorang pria, sang bayi bisa tetap memiliki gen biologis dari pria tersebut.

Caranya, sang pria bisa lebih dulu membekukan sperma miliknya sebelum melakukan operasi transgender. Sperma itu bisa dimasukkan kembali saat pria telah berubah menjadi wanita dan memiliki rahim.

"Sayangnya, kebijakan protokol di institusi kami untuk transplantasi ini baru terbatas untuk wanita yang rahimnya tidak berfungsi," ujar Flyckt.

Dalam data yang dipaparkan Flyckt, dari sembilan wanita di Swedia yang pernah sukses melakukan prosedur ini, lima orang telah berhasil hamil dan empat lainnya telah melahirkan. Mereka menggunakan organ dari donor yang telah meninggal dunia.

Untuk melakukan prosedur pemindahan organ rahim, membutuhkan waktu 7 sampai 11 jam, jika donornya adalah pasien yang masih hidup. Waktu yang dibutuhkan untuk pemindahan akan lebih cepat jika donor telah meninggal dunia. (ase)

Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan
Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016