Bangun Data Center di Balikpapan, XL Terapkan Smart City

XL menerima sertifikasi ISO untuk data center
Sumber :
  • XL Axiata
VIVA.co.id
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
- XL Axiata memperluas layanan data center untuk korporasi ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Bahkan perusahaan mendukung wilayah ini untuk menjadi salah satu kota pintar yang berstandar dunia.

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

Balikpapan, menurut XL, merupakan kota yang terus bertransformasi menjadi sebuah kota industri sehingga banyak infrastruktur yang perlu dibangun. Kota ini juga tidak terletak di
Minat Smart City Meningkat, Pemerintah Disarankan Investasi
ring of fire -nya Indonesia. Oleh karena itulah XL memilih membangun Data Center di sini.


"Ini sebagai respons atas kebutuhan berbagai kalangan terhadap fasilitas penyimpanan data berstandar internasional dengan kualitas layanan yang maksimal. Ini merupakan Data Center modular pertama di Kalimantan yang melayani publik. Kelebihan kami, mencoba mempertahankan prinsip
zero downtime
, terletak di daerah khusus, dan tersedianya pasokan listrik yang cukup besar untuk pelanggan-pelanggan XL nantinya," ujar Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 13 November 2015.


Data center terbaru XL itu akan mulai beroperasi penuh pada akhir 2015 ini. Sebelum beroperasi, XL membidik perusahaan, institusi, pemerintah daerah hingga perguruan tinggi yang membutuhkan fasilitas penyimpanan data dengan skala kebutuhan tidak terlalu besar.


Di data center ini, XL tidak hanya menawarkan penyewaan rak, penyewaan space, tapi juga Managed Service. Ongki mengungkapkan, pembangunan data center dengan konsep modular ini karena dinilai cocok diterapkan dengan pasar Balikpapan.


Dari total 661 meter persegi tanah yang tersedia, untuk tahap awal, XL hanya membangun Data Center seluas 115 meter persegi. Bangunan Data Center ini dapat menampung 14 rak dan dijadwalkan menjadi data center yang netral sebelum Juni 2016.

 

Disamping Data Center Balikpapan, XL  melalui Divisi XCloud, saat ini telah memiliki tiga Data Center yang dapat dipergunakan oleh publik di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Arengka-Pekanbaru, Bintaro-Jakarta, dan Kali Rungkut-Surabaya. Dengan beroperasinya Data Center Balikpapan, secara total, XL telah menyiapkan lahan seluas 17.456 meter persegi dan space seluas 21.655 meter persegi.

 

Sedangkan untuk implementasi smart city di Balikpapan, XL akan membantu mengimplementasikan depan beberapa aplikasi digital seperti reservasi rumah sakit, pembayaran uji kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, dukungan promosi untuk pelaku UKM, serta website untuk panti asuhan/rumah yatim.


Program kerjasama dengan Pemkot Balikpapan berpijak pada program pemerintah mengenai Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan) 2014-2019 yang tertuang dalam Kepres No. 96/2014 melalui BAPPENAS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya