Ini Startup Terpopuler dalam Tech in Asia Jakarta 2015

U-Hop, startup terpopuler Tech in Asia Jakarta 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Perhelatan Tech in Asia Jakarta 2015 telah digelar selama dua hari, 11-12 November 2015 di Balai Kartini, Jakarta. Tercatat, selama ajang yang menghadirkan 235 perusahaan rintisan (startup) itu berhasil menyedot 4.207 pengunjung.

"Kesuksesan Tech in Asia Jakarta 2015 membuktikan bahwa Indonesia memiliki ekosistem yang tumbuh subur dan telah menjadi pemain yang dominan di kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya itu, masa depan ekosistem ini juga berpotensi untuk berkembang lebih jauh lagi ke depannya," ujar Director of Content Strategy Tech in Asia, David Corbin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 13 November 2015.

Corbin melanjutkan, pihaknya tak segan-segan untuk menghadirkan beragam inovasi pada perhelatan selanjutnya. Upaya itu guna memberikan nilai lebih kepada pengunjung, serta memenuhi segala kebutuhan komunitas dan ekosistem teknologi di wilayah Asia.

Dipaparkan, mayoritas pengunjung Tech in Asia Jakarta 2015, atau 85 persennya berasal dari Indonesia. Sementara itu, pengunjung asing didominasi tiga negara, yaitu Singapura, Hong Kong, dan Thailand. Dari total pengunjung yang hadir, 29 persen merupakan kalangan pelaku startup, tujuh persen investor dengan dana investasi lebih dari US$1 miliar.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley

Sementara itu, 12 persen dari total pengunjung merupakan dari pihak yang ingin mengetahui lebih tentang ekosistem yang berada di Indonesia maupun wilayah Asia secara umumnya.

Selama pergelaran Tech in Asia Jakarta 2015, area ekshibisi Bootstrap Alley, anjungan startup Indonesia menempati urutan pertama (76 persen) yang paling banyak diminati, dan diikuti oleh Singapura (10 persen) serta Malaysia (5 persen). Untuk jenis industri vertikal, e-Commerce menempati urutan teratas (26 persen), diikuti oleh gaya hidup (8 persen), dan enterprise (7 persen).

Di akhir, konferensi itu ditutup dengan memilih startup yang dinilai sukses memikat ribuan pengunjung Tech in Asia Jakarta 2015.

Startup tersebut yaitu U-Hop yang berasal dari Filipina. Startup yang bergelut di bidang transportasi ini berhasil mengungguli enam finalis startup lainnya, seperti YessBoss (Indonesia), Spacemarket (Jepang), Koreabuys.com (Korea), A Better Florist (Singapura), Lunch Click (Singapura), dan Q&Me (Vietnam).

Diketahui, U-Hop menyediakan layanan angkut on-demand dengan cara berlangganan untuk menikmatinya. Startup tersebut pun diberikan hadiah uang sebesar US$10 ribu.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota
Startup yang akan berguru ke markas Google

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

Ini merupakan gelombang kedua startup Indonesia yang digembleng Google

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016