Super Komputer

AMD Perkuat Komputer Tercepat di Dunia

VIVAnews - Menurut daftar terbaru 500 komputer tercepat di dunia, super komputer dari IBM yakni Roadrunner yang dipasang di Los Alamos National Laboratory, Amerika Serikat berhasil meraih gelar sebagai komputer tercepat selama tiga tahun berturut-turut.

Komputer tersebut disaingi ketat oleh super komputer Jaguar dari Cray yang ditempatkan di Oak Ridge National Labs. Amerika Seritat. Kedua komputer diperkuat oleh prosesor AMD Opteron kelas atas yang juga dipakai oleh beberapa komputer berkinerja tertinggi di dunia.

Meski begitu, pada kesempatan yang sama, Intel menyatakan bahwa prosesornya digunakan pada sebagian besar komputer yang terdaftar di 500 komputer tercepat di dunia.

Roadrunner, super komputer IBM merupakan komputer pertama yang melampaui batas kalkulasi Petaflop di Juni 2008 dengan pencapaian 1105 petaflops. Didesain menggunakan kombinasi 6.562 prosesor dual core AMD Opteron dan 12.240 IBM Cell, Roadrunner memiliki memori sebesar 98TB dan dipasang di dalam 278 buah rack IBM BladeCenter sebesar lemari es. 

Dari sisi performa, sistem tersebut dibayang-bayangi oleh super komputer Cray Jaguar XT5 yang mampu menghasilkan 1.059 petaflops. Sistem ini diperkuat oleh 37.544 prosesor AMD Opteron quad core dan 300TB memori.

Meski dua super komputer tercepat di dunia, prosesor Intel masih menguasai mayoritas komputer tercepat yang masuk ke daftar 500 besar. Secara total 399 super komputer menggunakan platform Intel, 55 sistem menggunakan IBM Power, dan 43 sistem menggunakan AMD Opteron.

Daftar 500 super komputer tercepat di dunia dikompilasikan di University of Mannheim, Jerman, Lawrence Berkeley National Laboratory, dan University of Tennessee, Knoxville. Adapun daftar lengkapnya tersedia di sini.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi
Wika Salim

Alasan Wika Salim Semakin Yakin ke Max Adam, Bawa ke Keluarga Saat Lebaran

Wika Salim mengunggah foto yang menampilkan kebersamaannya dengan keluarga dan juga Max Adam di momen Lebaran tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024