Facebook Uji Coba Fitur Pesan 'Siluman'

Ilustrasi fitur pesan 'siluman' di layanan chatting Facebook
Sumber :
  • www.usatoday.com

VIVA.co.id - Facebook menguji inovasi terbarunya. Jejaring sosial terpopuler itu sedang mengetes pesan dalam Messenger yang bisa lenyap secara otomatis. Pengujian fitur pesan 'siluman' ini mirip dengan fitur serupa pada layanan pesan Snapchat.

Dikutip dari USA Today, Jumat 13 November 2015 menyebutkan fitur ini  secara otomatis akan melenyapkan pesan setelah satu jam.

Fitur bisa diaktifkan dengan mengetuk ikon jam pasir pada bagian kanan atas Messenger Facebook. Ketukan pertama akan melenyapkan pesan setelah satu jam berlalu. Sedangkan ketukan kedua pada ikon jam pasir akan mematikan fitur pesan 'siluman' tersebut.

Facebook memposisikan fitur pesan 'siluman' ini pada pembicaraan tertentu saja. Jadi jika pengguna Messenger ingin merahasiakan pembicaraan penting dengan pengguna lain bisa menggunakan fitur pesan 'siluman' tersebut.

Berdasarkan tangkapan layar yang didapatkan, pesan yang dilenyapkan akan tampil dengan kotak gelembung yang putih tanpa teks, bukan kotak biru seperti pada umumnya muncul dalam pesan Messenger.

Dalam pernyataanya, uji coba fitur pesan 'siluman' ini dilakukan di Prancis,. Pengguna Messenger di Negeri Mode ini dilaporkan mendapatkan pemberitahuan percobaan fitur tersebut.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg mengatakan, membuka peluang memperluas uji coba di negara lain di masa depan.

"Kami sangat senang mengumumkan fitur baru yang membuat messenger cara baru dalam berkomunikasi dengan orang lain," kata Facebook dalam pernyataannya.

Facebook mengatakan fitur pesan 'siluman' itu memberi opsi lain kepada pengguna untuk memilih kapan mereka berkomunikasi di Messenger.

"Kami tak sabar mendengar respons orang begitu mencobanya," kata Facebook.

Rilis fitur pesan 'siluman' ini makin menarik dalam menambah 'bumbu' persaingan antara Facebook dan Snapchat. Sebagaimana diketahui, Facebook pernah berambisi mengakuisisi Shapchat beberapa tahun lalu. Bahkan situs jejaring sosial terpopler itu sudah menawarkan nilai 'mahar' US$3 miliar kepada CEO Snapchat, Evan Spiegel. Namun pinangan Facebook itu ditolak mentah-mental oleh sang CEO.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016