Google Maps Kini Bisa Diakses Tanpa Internet

Info kemacetan lalu lintas di Google Maps
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id - Google memperbarui kemampuan pada layanan pemetaanya, Google Maps. Peta yang biasanya harus diakses dengan bantuan internet (online) kini bisa diakses secara offline.

Perusahaan internet itu memungkinkan pengguna akses Google Maps secara offline setelah mempertimbangkan pentingnya layanan tersebut. Salah satunya terkait kenyataan adanya daerah tertentu yang miskin jaringan internet.

"Pada hari ini, sekitar 60 persen wilayah dunia tanpa internet. Bahkan meski beberapa wilayah tersedia akses internet tapi itu kadang masih buruk (kualitasnya)," kata Amanda Bishop, Product Manager Google Maps dalam pengumuman di blog perusahaan, dikutip Rabu, 11 November 2015.

Dengan kondisi tak meratanya akses internet, kata Google, problem besar bagi pengguna melanda saat berusaha mencari navigasi dan mengeksplorasi dunia sekitar menggunakan Google Maps. Maka dari itu Google putuskan aplikasi peta itu bisa diakses secara offline.

Google pun menjanjikan akan terus melanjutkan fungsi Google Maps. Selain bisa mengakses area secara offline, pengguna juga bisa mendapatkan arahan turn by turn saat berada di jalanan, pencarian destinasi khusus, menemukan informasi sebuah tempat dan lainnya.

Agar bisa mendapatkan akses offline, pengguna bisa mengunduh informasi lokasi yang diinginkan. Atau pengguna bisa menuju 'Offline Areas' di bagian menu Google Maps dan mengetuk pada bagian tombol '+'.

Begitu terunduh, Google Maps akan bergerak ke mode offline secara otomatis saat mendeteksi pengguna di lokasi yang miskin akses internet atau lokasi tanpa internet.

"Kemudian saat menemukan koneksi, Google Maps akan kembali ke mode online sehingga Anda bisa dengan mudah mengakses versi penuh Google Maps, termasuk kondisi lalu lintas dalam rute Anda saat itu," jelas Bishop.

Bishop menjelaskan, pertama kali menampilkan kemampuan Google Maps offline pada saat konferensi pengembang tahunan Google, I/O pada Mei lalu.

"Pada hari ini berangsur kami merilis rangkaian pertama peningkatan ini pada versi teranyar Google Maps di Android," kata dia.

Bishop mengatakan untuk versi Google Maps offline pada platform iOS akan menyusul kemudian.

Kini Ada Fitur Ride Sharing di Google Maps
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016