Ini Ponsel Pintar Gaul Khusus Kaum Tua

Tampilan EziSmart
Sumber :
  • www.kickstarter.com

VIVA.co.id - Ponsel pintar bukan hanya untuk kaum muda. Sudah ada beberapa vendor yang merilis ponsel khusus untuk kaum manula. Misalnya, Samsung dengan ponsel Samsung Master, Fujitsu dengan ponsel RakuRaku.

Mengingat untuk pengguna yang sudah berumur, ponsel untuk kaum tua itu umumnya hadir dengan ikon, teks, dan tombol yang besar. Tujuannya tentu untuk memudahkan fungsinya. Dan umumnya ponsel kaum tua itu masih sebatas ponsel biasa bukan ponsel pintar.

Nah kini, dilansir Ubergizmo, Rabu 11 November 2015, ada pemain baru yang merilis ponsel pintar untuk kaum tua yaitu EziSmart. Perangkat yang masih dalam tahap purwarupa ini hadir sebagai ponsel pintar bukan ponsel fitur.

Konsep ponsel pintar ini dikembangkan oleh Richard Chan yang terinspirasi oleh ibunya yang sudah tua.

"Saya mendapatkan ide saat ibu saya pulang dari Inggris setelah menderita serangkaian stroke serius. Jadi ponsel ini bisa dipakai untuk panggilan dan ponsel ini memungkinkan untuk berkomunikasi via Skype, dengan semua daya pikirnya," kata Chan.

EziSmart hadir dengan desain ponsel lipat, namun dengan keyboard fisik model pada ponsel fitur bukan keyboard qwerty.

Tombol pada keyboard hadir dengan desain yang cekung, diharapkan ini akan memudahkan pengetikan dan aman bagi pengguna kaum tua.

Sebagai ponsel pintar, EziSmart hadir dengan beragam aplikasi dan menu. Misalnya ponsel ini punya peluncur EziLaunch dalam tiga format, yang intinya layar bagian atas terdapat beberapa kontak dengan foto, kemudian di bagian layar bawah terdapat pilihan komunikasi apakah panggilan, pesan singkat, email, pesan instan sampai browser.

Pada EziLaunch ini juga mempertimbangkan situasi genting. Di bagian tengah layar terdapat tombol darurat SOS atau In Case Emergency (ICE). Tombol SOS ini bisa diikuti dengan pilihan apakah panggilan suara, SMS, panggilan suara disertai SMS, atau sebaliknya SMS disertai dengan panggilan suara.

Pada EziLaunch juga dilengkapi dengan menu untuk mendalami berbagai fungsi lain dari ponsel pintar ini, misalnya GPS dan lainnya.

Dalam menghadirkan ponsel pintar untuk kaum tua ini, Chan bekerja sama dengan peneliti SINTEF. Saat ini ponsel pintar EziSmart ini sedang menunggu pendanaan untuk diproduksi melalui situs Kickstarter.

Tampilan peluncur ponsel pintar EziSmart

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi
Peneliti menunjukkan baterai berbasis vitamin

Unik, Baterai Berenergi Vitamin

Peneliti menciptakan materi vitamin B2 dari jamur.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016