Cara Symantec Lumpuhkan Ancaman Siber Canggih

Sumber :
  • REUTERS/ Kacper Pempel

VIVA.co.id - Penyedia keamanan siber, Symantec Corp, mengumumkan Symantec Advanced Threat Protectio (ATP) sebagai solusi pertama yang dapat mendeteksi dan memulihkan ancaman canggih di seluruh titik kontrol dalam satu klik saja.

Kelompok Anti-ISIS Mengaku Peretas Laman BBC

Dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 9 November 2015, Symantec mengatakan kini ancaman canggih sedang meningkat. Di antara ancaman itu adalah ransomware, trojan dengan akses jarak jauh, ancaman canggih yang terus menerus (Advanced Persistent threats/APT) dan serangan zero-day.

Untuk itu, Symantec mengatakan para profesional bidang keamanan, tidak bisa lagi hanya menggunakan produk titik individual pada setiap titik kontrol untuk menghentikannya.
 
Tapi sayangnya, proses untuk menemukan data ancaman di seluruh endpoint, jaringan dan email gateway selama ini masih dilakukan secara manual dan memakan waktu, sehingga hal itu bisa memberi peluang bagi penyerang.
 
Maka dari itu, Symantec ATP dihadirkan berfungsi menghubungkan aktivitas yang mencurigakan di seluruh titik kontrol dan memprioritaskan kejadian yang paling berisiko bagi organisasi.
 
Setelah ancaman penting teridentifikasi, maka ancaman tersebut bisa dengan cepat dilumpuhkan dan akses baru dapat terblokir.
 
"Kami memajukan industri bersama Symantec ATP dengan memberikan pelanggan gambaran lengkap perusahaan mereka dari satu konsol. Sehingga, mereka dapat menyaring gangguan dan dengan cepat menemukan dan memulihkan serangan," ujar President dan CEO Symantec, Michael Brown.

Aturan Ini Diklaim Bisa Hentikan Cyberbullying

Executive Vice President dan General Manager of Enterprise Security Business Symantec, Balaji Yelamanchili, menjelaskan untuk mengurangi gangguan bagi pelanggan, Symantec ATP dilakukan dengan beberapa cara.
 
Pertama, intelijen ancaman global masif Symantec yang dikombinasikan dengan data pelanggan lokal, memungkinkan melacak lebih akurat terhadap ancaman risiko lebih besar ke infrastuktur pengguna. 

Pada Symantec ATP juga punya fitur Symantec Cynic, mekanisme keamanan yang berbasis cloud baru dan layanan yang berguna untuk menemukan dan memproritaskan ancaman tercanggih saat ini.
 
Kemampuan lainnya, yaitu Synapse, yang mampu menghubungkan beberapa titik kontrol pengumpul aktivitas mencurigakan pada titik kontrol, yaitu endpoint, jaringan dan email.

Anonymous Rilis Panduan Meretas ISIS

“Teknologi-teknologi Synapse dan Cynic, untuk memberikan deteksi lebih baik hingga 30 persen dibandingkan produk-produk yang ada di luar sana,” kata Yelamanchili.

Yelamanchili mengatakan, solusi ini lebih efisien sebab dengan satu kali klik bisa memulihkan ancaman pada tiga titik kontrol. Hal ini lebih baik dari pengalaman rata-rata perusahaan yang menggunakan 75 produk keamanan berbeda.
 
Symantec ATP, tersedia sebelum akhir 2015, dengan harga layanan US$35 (Rp477 ribu) per pengguna per tahun untuk mengamankan satu titik kontrol, US$55 (Rp751 ribu) untuk dua titik kontrol dan US$65 (Rp886 ribu) untuk tiga titik kontrol. (asp)

Daftar Prediksi Tren Kejahatan Siber di 2016

Internet bakal terpecah belah.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2016