Robot Humanoid UGM Juara Kontes Internasional

Robot Humanoid UGM
Sumber :
  • UGM/Humas
VIVA.co.id
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
- Indonesia selalu berpartisipasi aktif dalam kontes robot dunia. Baru-baru ini, para pengembang robot dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara tiga dalam kontes robot internasional.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Kontes yang diadakan di KINTEX, Korea Selatan, pekan lalu, itu, mengumumkan tim robot dari Indonesia meraih juara tiga untuk kategori Curling. Selain Indonesia, kompetisi ini diikuti oleh berbagai negara, seperti Jepang, Korea, dan Hong Kong.
Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure


Tim robot UGM diwakili oleh enam mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Mereka adalah Iman Agus Faisal, Imaduddin A Majid (mahasiswa Departamen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Azis Fajar Riyadi, Rendy Arminda Putra (mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri), Ja'far Shodiq Yusuf Bachtiar, Fauzi Nur Iswahyudi (mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika), dan Fahmizal (dosen Diploma Teknik Elektro) selaku pembimbing.


"Dalam kompetisi ini terdapat 4 kategori yang dipertandingkan, yakni
Fight-Royal Rumble Match
,
Fight, Curling
, dan
Survival Marathon
. Tim Indonesia membawa robot humanoid yang berbentuk seperti manusia," ujar Faisal dalam keterangan resmi yang disebar pihak UGM, Rabu, 4 November 2015.


Dikatakan Faisal, pada tiap kategori, robot-robot yang bertanding mendapatkan misi untuk melakukan gerakan-gerakan, seperti menendang, berlari, memukul lawan, dan gerakan lainnya agar dapat memenangi pertandingan.


"Di kategori
Curling,
robot harus diprogram, sehingga dapat dikendalikan untuk menendang sebuah objek ke titik tujuan," katanya.


Fahmizal menambahkan, tim Indonesia berhasil menjadi juara setelah memenangi pertandingan perebutan juara ketiga melawan tim Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya