Miitomo, Game Nintendo untuk Ponsel Pintar

Nintendo
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVA.co.id - Pembuat game terkenal, Nintendo, akhirnya mengumumkan game ponsel pintar besutannya. Perusahaan Jepang itu merilis game yang berjalan pada ponsel pintar yaitu Miitomo.

Nintendo mengatakan, game ponsel pintar ini konsepnya yaitu pemain menciptakan avatar mereka sendiri untuk berbicara dengan pemain lainnya.

Miitomo disebutkan akan menjadi aplikasi komunikasi yang gratis. Nintendo mengatakan, aplikasi game ini nantinya juga akan tersedia fitur in-app purchase atau fitur berbayar.

Namun sayangnya, perusahaan memutuskan menunda peluncuran game itu dari akhir tahun ini sampai Maret tahun depan.

Dikutip dari BBC, Jumat 30 Oktober 2015, fitur pada game Miitomo disebutkan cenderung bersifat media sosial, dan berbeda dibandingkan dengan game Nintendo terdahulu.

Miitomo dirancang sebagai perkenalan game ponsel pintar Nintendo lainnya yang belum diumumkan. Hal itu merupakan salah satu strategi Nintendo dalam memasuki segmen game ponsel pintar.

Direstui, 8 Agustus Sebagai Hari Game Indonesia

Hingga akhir Maret 2017, perusahaan sudah merencanakan rilis lima aplikasi. Lima aplikasi yang dimaksud itu juga ditegaskan sudah siap.

"Miitomo pastinya adalah jalur bagaimana Nintendo akan memasuki mobile. Game ini hal baru bagi perusahaan dan penggemarnya," kata Steve Bailey, pakar mobile dari IHS Analysis.

Bailey mengatakan, Nintendo meniru apa yang pengguna telah lakukan dalam Nintendo Wii dan 3DS untuk menciptakan kehadiran sosial serta personal.

Bailey mengatakan tak yakin game ponsel pintar itu akan sukses nantinya.

Terkait hal itu, Presiden Nintendo, Tatsumi Kimishima, mengakui perusahaan butuh waktu untuk "meningkatkan kualitas" game ponsel pintar pertamanya tersebut.

Sebab, kinerja harga saham perusahaan anjlok mengiringi pengumuman rilis ponsel pintar. Harga saham Nintendo turun 10 persen atau 8,97 persen pada posisi 20.945 yen.

Sementara itu, saham perusahaan game mobile yang digandeng Nintendo dalam proyek ini, DeNA, turun hampir 15 persen menjadi 2.080 yen.

Agar sukses dalam game ponsel pintar, Bailey menyarankan agar Nintendo memanfaatkan kesuksesan game Super Mario masuk dalam perangkat mobile. Alasannya, Bailey mengatakan, game Super Mario telah punya rekam jejak populer untuk dibawa ke platform ponsel pintar.

Hari Game Indonesia

Hari Game Indonesia, Begini Cara Merayakannya

8 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Game Indonesia

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016