Lapan: Benda Asing Berapi di Bengkulu Diduga Meteorit

Benda langit yang terjatuh di Bengkulu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) turut menganalisa objek benda asing misterius yang jatuh di kawasan pedalaman Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Senin malam 27 Oktober 2015.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, mengatakan lembaganya sudah mengetahui peristiwa semalam. Begitu mendapatkan informasi objek misterius jatuh dari langit, Lapan langsung menganalisa. Awalnya, kata Thomas, Lapan menduga objek yang jatuh tersebut adalah sampah antariksa. Namun setelah didalami dugaan tersebut meleset.

"Ternyata tak ada sampah antariksa yang jatuh tadi malam. Diduga kuat itu meteorit," ujar Thomas kepada VIVA.co.id melalui pesan instan, Selasa 27 Oktober 2015.

Dia mengatakan Lapan dalam posisi tidak bergerak meneliti benda tersebut. Alasannya, objek itu belum jelas keberadaannya.

"Karena tidak berbahaya dan belum ditentukan obyeknya, Lapan tidak meneliti lebih lanjut," ujar Thomas.

O itu dilaporkan oleh warga setempat. Kesaksian warga yang melihat mengatakan ada benda terbakar di langit dan membentuk api seperti ekor. Warga juga menduga benda tersebut adalah pesawat yang terbakar.

Namun, otoritas Bandara Fatmawati Bengkulu menjelaskan pada saat jatuhnya benda terbakar itu, tercatat tidak ada aktivitas penerbangan yang melintasi lokasi laporan penampakan benda tersebut.

Saat ini dilaporkan masih dilakukan pencarian benda tersebut. (ren)

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok
Satelit Proba-V

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Ada 3 lokasi terkait pembangunan bandar antariksa.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016