Facebook Kuras Baterai Ponsel, Benarkah?

Penipuan di Facebook semakin ramai.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id - Kadang Anda merasakan baterai perangkat mobile cepat terkuras. Kemudian beranggapan beberapa aplikasi sosial yang mendorong baterai cepat habis. Tuduhan biang baterai cepat habis kadang dialamatkan ke aplikasi jejaring sosial seperti .

Keluhan tersebut belum lama ini dirasakan salah satu pengguna Facebook pada iPhone.

Dikutip Daily Mail, Selasa 20 Oktober 2015, keluhan ini dipublikasikan oleh salah satu pengguna Facebook, Matt Galligan, yang merupakan salah satu pendiri aplikasi berita mobile, Circa.

Galligan berpandangan Facebook merupakan biang atas pada perangkatnya. Ia mencatat, Facebook telah memakan konsumsi daya 15 persen perangkatnya dalam sepekan.

Dalam postingan di blog, Galligan mengatakan meski sudah me-refresh latar belakang Facebook, namun nyatanya aplikasi jejaring sosial ini tidak 'tidur' dan saat ia melanjutkan akses, Facebook tetap berjalan dan 'memakan' daya.

Para pengguna internet pun mengomentari keluhan Galligan. Beberapa komentator berteori penyebab baterai perangkatnya cepat terkuras karena mensenyapkan audio, maupun keberadaan push notification.

Sementara pengembang iOS, Jonathan Zdziarski menunjukkan pelacak lokasi pengguna pada Facebook bisa jadi biang terkurasnya daya baterai.

"Itu tampak seperti jika Anda mengaktifkan fitur berbagi lokasi Facebook, ini adalah kenapa membunuh baterai Anda," tulis Zdziarski.

Selain itu, Zdziarski mengatakan analisis konyol di Facebook saja sudah cukup menguras baterai apalagi dengan fitur berbagi lokasi.

Menanggapi berbagai teori terkurasnya baterai itu, Facebook mengaku sedang menindaklanjutinya.

"Kami telah mendengar laporan beberapa pengalaman pengguna tentang masalah baterai di aplikasi iOS kami. Kami sedang berusaha dan berharap telah menyelesaikan segera," kata juru bicara Facebook dikutip dari TechCrunch.

Juru bicara Facebook menegaskan perusahaan sedang menyelesaikan masalah daya tahan baterai yang dilaporkan pada awal pekan ini. Perusahaan jejaring sosial itu mengatakan masalah terkurasnya baterai pada perangkat iOS bukan karena lokasi latar belakang.

"Kami tidak mengumpulkan lokasi latar belakang pada iOS kecuali Location Access yang diatur ke Always pada perangkat Anda, dan Anda telah mengaktifkan Location History pada aplikasi Facebook," ujar Jubir tersebut.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016