Pemilik KakaoTalk Beli Startup Pertanian

Kakao Office
Sumber :
  • blog.easi6.com

VIVA.co.id - Kakao, perusahaan pemilik aplikasi messenger mobile KakaoTalk membentangkan sayap bisnisnya dengan mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) yang bergerak dalam bidang pertanian.

Dalam keterangannya, Senin 19 Oktober 2015, dikutip dari Korean Times, K Cube Group, divisi investasi Kakao, mengakuisisi 33 persen kepemilikan Manna Controlled Environment Agriculture (Manna CEA), startup pertanian yang didirikan sejak 2013.

Akuisisi ini dipandang sebagai langkah untuk menumbuhkan pertumbuhan bisnis Kakao dan meningkatkan penggunaan bisnis berplatform mobile punya Kakao.

"Kami memutuskan berinvestasi di pasar produk agrikultur yang ramah lingkungan, ini diharapkan tumbuh 12 persen tahun ke tahun," ujar John Park, chief executive officer (CEO) K Venture Group dalam keterangannya.

Kakao meyakini, keunggulan teknologi Manna CEA dan bisnis model yang menguntungkan akan menghasilkan sinergi.

Manna CEA memiliki sejumlah portofolio teknologi pertanian, memberikan solusi soal pertanian, mulai dari penciptaan pertanian yang ramah lingkungan sampai perawatan pertanian. Perusahaan rintisan itu belum lama ini juga mulai menjual produk organik melalui situsnya.

Dengan akuisisi ini, Kakao mengharapkan ada perubahaan paradigma dalam industri pertanian. Manna CEA mengatakan, perusahaan tidak hanya fokus menghasilkan produk pertanian dengan menggunakan keahlian informasi, komunikasi dan teknologi yang mereka miliki, perusahaan juga mengaku bisa berkomunikasi dengan para petani dan pelanggan dengan memanfaatkan saluran komunikasi Kakao.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley
Startup yang akan berguru ke markas Google

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

Ini merupakan gelombang kedua startup Indonesia yang digembleng Google

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016