Unik, Trotoar Ber-WiFi Ada di Inggris

Trotoar ber-WiFi di Inggris
Sumber :
  • www.gizmag.com

VIVA.co.id - Bagi Anda yang berada di Inggris, khususnya di Chesham, Buckinghamshire, tak perlu lagi galau untuk mencari koneksi saat di jalanan. Sebab di area tersebut, kini punya akses WiFi yang unik. Sebab, trotoar di sepanjang area tersebut punya koneksi internet.

Dikutip dari Gizmag, Senin 19 Oktober 2015, akses pada trotoar memang tidak begitu terlihat, sebab perangkat yang mengoneksikan internet nirkabel itu, tersembunyi pada bagian bawah trotoar. Jadi, koneksi internet "terkubur" di bawah kaki pejalan kaki. Dengan demikian, program ini disebutkan sebagai Smart Pavement atau trotoar pintar.

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi

"Program ini pada dasarnya WiFi publik di bawah kaki Anda. Kami ingin membangun jaringan yang lebih banyak, di Inggris dan mendorong dewan berpikir lebih maju dalam keterhubungan, seperti yang terjadi di Chesham," kata Gregor McNeil, Direktur Pelanggan Virgin Media.

Trotoar pintar itu disebutkan merupakan inovasi pertama di tanah Inggris. Trotoar yang punya koneksi WiFi, saat ini masih dalam program percontohan. Pada bagian semacam gorong-gorong trotoar ini, terdapat perangkat yang memancarkan akses WiFi.

Layanan WiFi pada trotoar pintar ini disediakan oleh perusahaan telekomunikasi internet pita lebar, Virgin Media, bekerja sama dengan dewan kota, Chiltern District Council.

Virgin Media mengatakan, WiFi Smart Pavement itu mencakup hingga jalan raya Chesham sampai 14,5 hektare area di Lowndes Park. Kecepatan WiFi yang dijanjikan yaitu 166 Mbps di pusat area, kecepatan itu tujuh kali di atas kecepatan rata-rata WiFi nasional di Inggris.

Virgin Media memiliki alasan memilih area Chesham sebagai program WiFi unik mereka. Pertama, populasi area ini mencapai 21 ribu penduduk. Area ini juga punya pedestrian High Street yang dilalui oleh sejumlah pebisnis untuk mempromosikan kepentingan mereka.

Alasan lainnya, dewan lokal area tersebut tertarik untuk menemukan cara baru meningkatkan kualitas area tersebut. Area Chesham juga mewakili area Inggris, meski wilayahnya kecil.

Perusahaan telekomunikasi itu mengatakan, langkah ini merupakan inisiasi pertama perusahaan untuk meningkatkan koneksitivitas luar rumah dan mengurangi tagihan data perangkat mobile. (art)

Peneliti menunjukkan baterai berbasis vitamin

Unik, Baterai Berenergi Vitamin

Peneliti menciptakan materi vitamin B2 dari jamur.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016