XL Tertarik Project Loon Google

Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan mengunjungi Amerika Serikat pada akhir bulan ini. Dijadwalkan dalam lawatannya itu, Jokowi akan menyambangi para bos-bos teknologi yang berada di Sillicon Valley, seperti Google hingga Apple.

Tersiar kabar juga, bahwa kunjungan Jokowi itu juga akan membahas Project Loon hasil garapan Google. Diketahui, proyek gagasan mesin pencari internet itu memungkinkan dapat menyebarkan koneksi internet ke berbagai wilayah melalui balon pintar.

Mengenai pembahasan tersebut, XL tampaknya tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Project Loon itu. Sebab, proyek ala Google tersebut bisa menjadi alternatif dalam penyebaran internet di Indonesia.

"Kalau menjadi alternatif jauh lebih bagus secara ekonomi, why not?" ujar Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, usai perayaan ulang tahun ke-19 XL di Gedung Grha, Jakarta, Jumat, 16 Oktober 2015.

Dian menambahkan, mengapresiasi dengan terobosan baru yang digarap oleh perusahaan yang dibentuk oleh Larry Page dan Sergey Brin itu. Pasalnya, jika Project Loon itu penggunaannya jauh lebih efisien ketimbang cara lainnya, maka akan ia terapkan di Indonesia.

"Sebetulnya konsep (Project Loon) itu untuk (negara) kepulauan seperti Indonesia sangat bagus, sekarang Palapa Ring itu mahal banget, mesti connect, walaupun isinya 100 orang kita harus pakai kabel (fiber optik)," jelasnya.

Namun disampaikannya, saat ini dirinya mengaku belum mengetahui secara pasti model bisnis yang dicanangkan Google dalam menjalankan Project Loon. Apabila sudah diketahui, maka XL tidak menutup kemungkinan dapat bekerjasama dengan Google.

"Kalau bisa jadi alternatif dan efisien, mau itu dari Google atau siapapun, kita welcome. Tapi, sekarang harus tahu dulu bisnis seperti apa," imbuh perempuan berkacamata ini.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016