Studi: Akses WiFi di Bandara London Terburuk

Ilustrasi bandara di Brasil
Sumber :
  • www.bbc.co.uk

VIVA.co.id - Di era yang serba digital, wifi menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, terutama Anda yang tinggal di kota besar. Memeriksa email, berita terbaru, hingga update di sosial media. Biasanya, tempat yang menyediakan WiFi gratis dengan kecepatan maksimum, menjadi tempat kesukaan.

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Namun, bagaimana bila sebuah tempat area publik memiliki akses internet dan kecepatan yang sangat buruk? Bila Anda berpikir Indonesia, sepertinya boleh bernafas lega. Karena tempat buruk ini ada di London, Inggris

Heathrow dan Gatwick, dua bandara tersibuk di Inggris punya nasib buruk dengan kecepatan download yang sangat lambat. Tentu, ini akan membuat wisatawan bosan saat menunggu pesawat.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Dilansir dari Daily Mail, Rabu, 14 Oktober 2015, Thinkbroadband.com melakukan penelitian lima bandara utama di London dengan kecepatan internet. Hasilnya, dua bandara yang disebutkan di atas, peringkatnya jauh di belakang bandara lain di Inggris dan Eropa.

Stansted, bandara tersibuk di Inggris, hanya menawarkan kecepatan download 8,1 Mpbs. Meskipun menawarkan satu jam dari wifi gratis, namun kecepatannya jauh dari standar pemerintah, yaitu 25 Mbps.

Tips Bagi Orangtua Jika Anak Gemar Bermain Internet

Andrew Ferguson, Editor Website mengatakan, di Inggris, kecepatan download rata-rata di rumah 23-24 Mbps. Hal tidak lebih baik terjadi di Bandara Gatwick. Dengan menawarkan 90 menit dari wifi gratis, bandara tersibuk di London ini mencetak kecepatan terburuk, hanya 0,5 Mbps.

Sebastien Lahtinen, pendiri website, mengatakan, bahwa hal ini cukup mengejutkan betapa lambat bandara utama di London. Sebagai kota dengan mayoritas orang-orang bisnis dan wisatawan semua ingin terhubung ke wifi, kecepatan ini akan terus menimbulkan frustrasi.

"Banyak wisatawan memiliki tablet dan ingin men-download film atau acara TV sambil menunggu penerbangan, tetapi download film berkapasitas 1,31 gigabyte, ini akan mengambil enam jam untuk men-download di Gatwick, baik di luar tunjangan wifi gratis nya," kata Lahtinen.

Bandara Luton juga menawarkan kecepatan yang tidak lebih baik, hanya 4,5 Mbps. Heathrow mungkin menawarkan layanan wifi gratis tak terbatas, tapi tidak memberikan kecepatan lebih baik dari Gatwick, dengan kecepatan hanya 1 Mbps.

Thinkbroadband.com mengatakan, wifi gratis dan cepat sangat penting di bandara, terutama untuk wisatawan yang menolak untuk terhubung ke jaringan data telepon seluler karena biaya jelajah yang tinggi. Kecepatan download lambat bisa memberi mereka sangat miskin kesan pertama infrastruktur digital Inggris.

Website telah menguji wifi bandara di Inggris dan luar negeri, dan menemukan bahwa beberapa bandara di Eropa memiliki kecepatan lebih dari 50 Mbps secara cukup konsisten. Ferguson mengatakan, Helsinki memiliki kecepatan download hingga 40 Mbps, sementara Malta tercatat sebesar 20 Mbps.

Bandara London peringkat di belakang orang lain di Inggris, dengan kecepatan 10 Mbps di Edinburgh dan 100 Mbps menakjubkan atau lebih di Leeds Bradford.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya