Ada 'Lintah Raksasa' di Permukaan Mars

Gunduhan pasir mirip lintah raksasa di permukaan Mars
Sumber :
  • www.cnet.com/NASA/JPL-Caltech/University of Arizona

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto lanskap terbaru kondisi permukaan

Permukaan wilayah Mars yang rata-rata bergurun pasir berwarna merah itu, pada salah satunya daerahnya membentuk gundukan. Dan gundukan tersebut membentuk seperti binatang lintah, bila dilihat dari ketinggian.

"Gambar-gambar ini memberikan informasi tentang eosion dan pergerakan permukaan (Mars), tentang pola angin dan cuaca, bahkan tentang butir tanah dan ukuran butirnya," ujar NASA dikutip dari Cnet, Jumat, 9 Oktober 2015.

Gundukan pasir diakibatan dari tiupan angin ini sehingga seperti membentuk seperti lintah. Para ilmuwan pun belajar atas fenomena tersebut. Menurut dari sudut kacamata ilmuwan, pada sekitar gundukan itu terdapat batu, diyakini akan hancur karena tidak kuat menahan erosi.

Sosok 'lintah raksasa' itu berhasil ditangkap oleh satelit NASA, yakni Mars Reconnaissance Orbiter. Gambar tersebut sebetulnya sudah diambil sejak 30 Juli lalu, namun NASA baru memutuskan baru-baru ini untuk merilisnya ke publik.

Diketahui, Mars Reconnaissance Orbiter telah mengorbit Planet Merah itu sejak 2006. Satelit tersebut menjadi andalan Mars dalam mengamati kondisi yang terjadi di planet tersebut, yang mana kemudian mengirimkan datanya ke bumi.

Satelit itu juga mempunyai peran besar dalam penemuan air garam yang terdapat di Mars. Untuk itu, meski berwujud foto tetapi gambar tersebut menjadi salah satu kunci penemuan besar bagi ilmuwan.

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri

Teknologi dan anggaran NASA saat ini dianggap belum siap.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016