Indonesia Punya Kapsul Waktu untuk Dibuka pada 2085

Pencanangan Ekspedisi Kapsul Waktu
Sumber :
  • Viva.co.id/Lynda Hasibuan
VIVA.co.id
Indonesia Jadi Kantor Sekretariat Kepariwisataan ASEAN
- Kementerian Pariwisata belum lama ini telah mendukung kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085. Kegiatan tersebut adalah untuk mewujudkan impian masyarakat Indonesia di berbagai kota pada 70 tahun mendatang.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak

Kapsul waktu tersebut berisikan surat tentang mimpi dan harapan anak-anak se-Indonesia di masa yang akan datang di setiap provinsi. Ekspedisi kapsul waktu ini merupakan rangkaian 'Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka' yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba


"Ekspedisi Kapsul Waktu adalah upaya untuk menjahit beraneka harapan tentang Indonesia dari semua komponen bangsa yang berpotensi mengangkat pariwisata daerah, khususnya kebudayaan dan kesenian daerah," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya pada jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Oktober 2015.


Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa penggagas yaitu, seperti Abdi Negara dan Nick Nurachman. Kegiatan ini juga di dukung oleh beberapa kementerian dan lembaga pemerintah.


Dalam kegiatan ini, sebanyak 3 kendaraan roda empat akan berkeliling menuju 34 provinsi seluruh Indonesia, dimulai dari Sabang sampai Merauke. Salah satu kendaraan membawa sebuah tabung berbentuk kapsul berukuran lebih kurang 50 centimeter.


Setiap provinsi akan merumuskan berbagai harapan menjadi satu lembar surat. Sesuai jadwal, saat ini Ekspedisi Kapsul Waktu sudah tiba di Palembang dan akan mengumpulkan impian masyarakat Sumatera Selatan.


Pada tanggal 22 Desember Ekspedisi Kapsul Waktu akan berakhir di Merauke dan akan disimpan dalam sebuah monumen khusus untuk dibuka pada 2085.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya