Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com

Ilustrasi Alphabet Google
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol

VIVA.co.id - Perusahaan internet dunia, membeli nama domain yang unik. Google membeli nama yang memiliki 26 abjad lengkap yaitu abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com.

Keputusan membeli nama domain itu disebutkan untuk menandai kelahiran induk perusahaan Google yang bernama Diketahui, pada Agustus lalu, induk perusahaan itu telah muncul.

Dikutip dari Business Insider, Kamis 8 Oktober 2015, keputusan melahirkan Alphabet membuat Google untuk membeli nama domain untuk perusahaan tersebut. Saat awal rilis Alphabet, perusahaan ini pun hanya menggunakan nama domain abc.xyz. Namun nama domian itu dinilai tidak bagus.

"Kami menyadari kami gagal dalam beberapa huruf dalam domain abc.xyz, jadi kami baru saja membuat terobosan," ujar juru bicara Google dalam email menanggapi pembelian nama domain unik tersebut.

Google dengan cepat membeli nama domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com, diperkirakan untuk mencegah Apple atau Facebook membeli domain panjang tersebut.

Situs DomainInvesting.com mencatat domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com merupakan domain rekor dalam riwayat sebuah situs.

Alphabet, Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Menurut riwayat pembuata situs di Whois, URL atau alamat berkas di web abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com telah diciptakan pada 2 Agustus 1999 dan secara privat telah dimiliki pihak lain sebelum dibeli oleh Google. Tak disebutkan berapa biaya pembelian domain panjang yang dikeluarkan Google.

Tapi menurut TechCrunch, ada kabar domain panjang itu diperkirakan punya harga US$2717 atau Rp37,7 juta.

Meski sudah dibeli Google, saat mengakses abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com, pengguna akan mendapatkan halaman situs yang tak aktif.

Ilustrasi Alphabet Google

CEO Baru Google Ini dapat Hibah Saham Senilai US$199 Juta

Pichai menduduki posisi tertinggi Google sejak Agustus lalu.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2016