Dikritik #FreeTheNipple, Instagram Salahkan Apple

Kevin Systrom instagram
Sumber :
  • REUTERS/Philippe Wojazer
VIVA.co.id
Empat Cara Baru Hasilkan Uang lewat Instagram
- Tanda pagar #FreeTheNipple mencuat beberapa bulan belakangan. Hal ini dipicu oleh kemarahan para pengguna Instagram, yang foto mereka kerap dihapus oleh jejaring sosial itu, karena memperlihatkan payudara terbuka.

Empat Karya Seni Bangsa yang Tersembunyi di Instagram

Rihanna, Cara Delevigne, Chrissy Teigen dan Miley Cyrus, merupakan beberapa di antara banyak model Holywood yang menyuarakan protes ini. Mereka ingin #FreeTheNipple.
Bertahan di Bisnis Online Via Instagram


Menanggapi protes ini, Instagram langsung merespons dengan cepat. Mereka mengatakan jika sensor terhadap foto yang memperlihatkan puting payudara bukanlah semata keinginan mereka.


"Kami tidak bisa mengubah aturan dan panduan yang terdapat di sistem kami karena ini sejalan dengan sistem sensor dan pemeringkatan umur yang ada di toko aplikasi Apple," ujar CEO dan pendiri Apple, Kevin Systrom, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Selasa, 6 Oktober 2015.


Dikatakan Systrom, jika Instagram membolehkan gambar puting payudara wanita ditampilkan tanpa sensor, maka Apple harus meningkatkan peringkat usia yang diberlakukan. Selama ini aturan usia untuk konten di Apple sekitar 12+. Jika ingin sensor dihapus maka Apple harus mengubahnya menjadi 17+.


"Instagram tidak kuasa untuk menurunkan basis usia pengguna remaja. Jika kami melanggar aturan Apple maka aplikasi kami bisa dicopot dari AppStore," kata Systrom.


Instagram memang memberlakukan kebijakan yang ketat untuk posting foto-foto seksi yang memperlihatkan organ intim. Dalam aturan disebutkan,


"Jika anda tidak ingin memperlihatkan foto atau video yang bisa dilihat oleh anak-anak, bos atau orang tua anda, maka anda tidak seharusnya membagi foto itu di Instagram. Akun yang ditemukan memposting konten telanjang atau dewasa akan dinonaktifkan. Selain itu akses pengguna tersebut ke Instagram akan diblokir". (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya