XL Bangun 3 BTS 3G di Wilayah Terluar Aceh

XL dirikan BTS 3G di Simeulue, Aceh
Sumber :
  • XL.co.id

VIVA.co.id - XL memperluas infrastrukturnya hingga ke pulau terluar. Kali ini, XL menambah infrastruktur jaringan data dan internet di Pulau Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam.
 
Infrastruktur yang berupa Base Tranciever Station (BTS) ini berlokasi di Makolanal Simeulue, dengan menara setinggi 30 meter. Keberadaan BTS baru ini di area Kecamatan Simeulue Timur, tepatnya di Desa Lugu. Diharapkan masyarakat sekitar bisa mengakses layanan XL, termasuk layanan data dan internet cepat. Di wilayah tersebut terdapat beberapa fasilitas, antara lain Pangkalan TNI AL, beberapa sekolah, dan permukiman warga.

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Di pulau yang berjarak sekitar 150 km di Samudera Hindia, lepas pantai Aceh Selatan tersebut, XL memiliki 3 BTS 3G & 2 BTS 2G. Koneksi untuk layanan di pulau itu dilakukan dengan menggunakan satelit.

Meski baru mendirikan infrastruktur tetapi layanan XL sudah dirasakan masyarakat Simeulue sejak September 2008 silam. Infrastruktur baru ini akan memperkuat kehadiran layanan digital XL.

"Upaya kami dalam membantu menyediakan infrastruktur yang menjembatani pembangunan hingga ke daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar. Apalagi di sini juga ada pangkalan TNI AL yang menjaga wilayah kedaulatan NKRI. Kami sangat berharap, layanan XL akan bisa ikut mendukung kegiatan masyarakat setempat yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujar Presiden Direktur XL, Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya, Senin, 5 Oktober 2015.

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

Dian berharap, dengan penambahan BTS 3G di Pulau Simeulue bisa memberikan kemudahan akses informasi bagi kurang lebih 90 ribu jiwa yang menghuni pulau tersebut. Selain itu, juga mendukung promosi daerah, antara lain di bidang pariwisata, berupa ombak bagus yang cocok untuk olahraga selancar (surfing). Ombak di Simeulue sudah dikenal di antara para peselancar asing, dan secara rutin mereka juga datang ke sana.

Selain itu, pulau ini juga memiliki potensi besar di bidang perikanan, salah satunya dalam budidaya udang lobster. Di perkebunan, warga secara turun-temurun antara lain menanam cengkeh.

Tak hanya meresmikan infrastruktur, operator berwarna biru ini juga mempresentasikan usulan konsep bernama 'Pantau Laut' bagi pulau-pulau terluar. Konsep tersebut berupa layanan interintegrasi berbasis layanan telekomunikasi dan data digital yang bisa  mendeteksi keberadaan kapal asing yang berada di dalam wilayah perairan Indonesia.

Mokado, Cara Baru Beli dan Beri Kado

Sampai saat ini, XL telah melayani masyarakat di pulau-pulau terluar, di antaranya Pulau Weh - Sabang (NAD), Nias (Sumut), Kepulauan Natuna (Kepri), sejumlah pulau yang berbatasan dengan parairan Singapura dan Malaysia (Kepri), Sebatik (Kaltara), juga Biak (Papua). Sementara, di perbatasan darat dengan negara tetangga, layanan XL ada di Entikong (Kalbar), Jayapura dan Merauke (Papua).

(mus)

Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016