12 Juta Pedagang Pasar Bisa Nikmati Akses Internet Gratis

Kebutuhan Pangan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu
- Indosat terus memperluas program internet.org di Indonesia. Setelah sebelumnya menyasar pedesaan, kini operator seluler itu memberikan akses internet gratis kepada 12 juta pedagang pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Indosat Rugi Rp1,3 Triliun

Untuk merealisasikannya, Indosat telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). APPSI ialah asosiasi yang mewadahi pedagang pasar tradisional di seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing, menciptakan pengelolaan pasar yang profesional dan menyediakan tempat usaha yang layak yang akan meningkatkan kesejahteraan puluhan juta pedagang pasar.
2020, Tiga Miliar Orang di Bumi Terancam Masih Offline


"Kami berharap internet.org akan memudahkan para pedagang pasar dalam memperoleh informasi dan mendukung kegiatan perdagangan mereka, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Alexander dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 3 Oktober 2015.


Dijelaskan Alex, kemudahan akses internet itu antara lain akses ke berita umum, info kesehatan, info lapangan pekerjaan, info pendidikan, info layanan publik, dan ke depannya info harga komoditas pokok harian. Informasi tersebut dapat membantu pedagang pasar di Indonesia dalam memonitor harga komoditas. Program internet.org ini merupakan hasil rancangan Facebook.


Sementara itu, Sandiaga Uno, Board of Advisor APPSI, mengungkapkan jika ini adalah cara terbaik memanfaatkan teknologi sebagai sarana yang dapat memberdayakan lebih dari 12 juta pedagang pasar tradisional. Mereka bisa mencapai kerja yang lebih efisien dengan kinerja yang lebih baik.


Sekedar informasi, internet.org merupakan proyek Facebook yang bertujuan untuk menyediakan internet bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet. Di Indonesia, Indosat adalah operator pertama yang menyediakan akses internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya