Charon si Bulan Pluto Ternyata Berwarna Merah Tua

Pluto (kanan) dan bulan Pluto, Charon (kiri)
Sumber :
VIVA.co.id
Gunung Berapi Es di Pluto Berpotensi Meletus
- Untuk pertama kalinya, Charon, bulan yang mengorbit planet Pluto, bisa terlihat dengan jelas. Itu terungkap dari sebuah foto yang dirilis oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Ada Gunung Mengambang di Pluto

Selama ini NASA hanya memiliki foto Charon dengan warna hitam putih. Namun sekarang satelit alami milik Pluto tersebut terlihat dengan warna alami yang lebih berwarna, sesuai dengan hasil jepretan New Horizons.
NASA Rilis Laporan Pertama Soal Pluto


Dikutip dari
The Verge
, Sabtu, 3 Oktober 2015, terlihat CharonĀ  mempunyai warna dengan dominasi abu-abu. Tetapi di sebagian permukaan lainnya, bulan Pluto itu berwarna merah tua. Untuk permukaannya, Charon memang diselimuti oleh debu, bebatuan dan kawah-kawah, hampir serupa dengan Bulan kepunyaan Bumi.


Foto terbaru Charon ini pun menjadi ladang pengetahuan bagi para astronomi dan peneliti. Pasalnya, NASA sudah memiliki foto dengan resolusi tinggi sehingga mampu menampilkan wajah Charon dengan cukup detail.


Diketahui, ukuran Charon tidak jauh beda dengan Pluto. Besarnya hanya setengah dari diameter planet kerdil tersebut.


NASA mengungkap, permukaan Charon juga dihiasi lembah yang luas dan pegunungan, yang ditunjukkan dengan warna merah alaminya, di wilayah kutub utara. Wilayah yang disebut Mordor Macula itu diyakini oleh peneliti memiliki unsur hidrokarbon organik.


Salah satu yang menarik, dari foto Charon ini dideteksi adanya ngarai yang membentang lebih dari 1.000 mil (1.600 kilometer). NASA mengatakan, ngarai itu berukuran empat kali lebih besar dari Grand Canyon.


"Ini adalah jenis formasi geologi yang hanya bisa terjadi di dunia yang sangat aktif. Sayangnya, ini jauh di Tata Surya," ujar ilmuwan NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya