Ini Bentuk Rumah Manusia di Planet Mars

Rumah es Igloo untuk di Planet Mars
Sumber :
  • NASA
VIVA.co.id
Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri
- Setelah NASA mengumumkan adanya air di Mars, spekulasi tentang kemungkinan manusia untuk hidup di Mars pun mulai bermunculan. Bahkan, NASA berhasil menemukan konsep rumah manusia yang cocok untuk dibangun di Planet Mars.

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Bentuknya mirip dengan kastil yang terbuat dari es. Ini dianggap sebagai konsep rumah yang cocok untuk di planet Mars. Maka dari itu, dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes 3-D Printed Habitat Challenge Design Competition. Demikian dilansir
Bos SpaceX Khawatir Perang Dunia III Gagalkan Misi ke Mars
Space.com , Jumat 2 Oktober 2015.


Dalam konsep tersebut, perancang memanfaatkan wilayah pendaratan sebagai dasar. Di dalamnya terdapat ruang pribadi dan pertemuan. Setelah menentukan tempat pembangunan, membran karet akan digunakan untuk membuat lingkungan yang dibentuk antara wilayah di luar kapsul dan atmosfir Mars.


Dalam pembentukannya, Mars Rovers juga dilibatkan. Perangkat itu berfungsi mengekstraksi air dari es yang terdapat di bawah permukaan wilayah Alba Mons. Air itu akan dibentuk sebagai kulit pelindung di bagian dalam rumah tersebut.


Desain rumah Mars ini merupakan salah satu program Centennial Challenges yang dilakukan NASA. Lebih dari 165 proposal ditawarkan untuk program itu dan hanya dipilih 30 yang masuk tahap final. Tiga pemenang, yang dinilai memiliki konsep unik dan bisa diwujudkan, diganjar hadiah sebesar US$40 ribu, atau sekitar Rp587 juta.


Untuk rumah Igloo es ini dinobatkn sebagai pemenang pertama. Perancangnya, tim Space Exploration Architecture dan Clouds Architecture Office, mendapatkan hadiah US$25.000. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga adalah tim Gamma dan tim LavaHive, masing-masing mendapatkan U$15 ribu dan US$5.000.


Pemenang kedua, merancang habitat modular untuk Mars yang akan dibangun melalui tiga tahap berbeda dengan bantuan tiga robot parasut yang diterjunkan ke permukaan mars. Robot pertama akan diluncurkan untuk memilih wilayah huni sekaligus menggali kawah sedalam 1,5 meter. Rancangan ini buatan Fosters+Partners. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya