Demi 4G, Menkominfo Pelototi Refarming Tiap Hari

Rudiantara
Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, tata ulang 4G Long Term Evolution (LTE) di pita frekuensi 1800 MHz sudah memasuki wilayah Jawa. Dengan demikian, layanan jaringan generasi keempat itu dipastikan bisa dinikmati tahun depan.

Diketahui, wilayah Jawa dinilai paling sulit untuk dilakukan refarming. SebabĀ  pulau tersebut padat penduduk dan yang paling banyak pengguna telekomunikasi ketimbang wilayah lainnya di Tanah Air.

"Hari ini sudah masuk ke Jawa Timur. Akhir tahun ini refarming sudah selesai. Tiap hari saya pelototin (tata ulang) sudah sampai. Ini menjadi fokus program kami," jelas Rudiantara usai menghadiri acara IDByte di Ballroom Pacific Place, Jakarta, Jumat, 2 Oktober 2015.

Rudiantara memastikan kalau layanan mobile internet cepat tersebut akan segera dirasakan oleh masyarakat di awal tahun depan. Saat itu, tata ulang di 1800 MHz telah rampung pada akhir 2015 di seluruh Indonesia.

"Praktis Januari 2016, masyarakat sudah bisa menikmati 4G di 1800 MHz karena (pita frekuensi) itu the best ecosystem in the world," jelas dia.

Saat ini spektrum 1800 MHz diisi oleh empat operator seluler yang berlomba menggelar layanan 4G LTE, yaitu XL, Tri, Telkomsel, dan Indosat.

Diketahui, frekuensi 1800 MHz harus ditata ulang terlebih dahulu sebelum menggelar layanan jaringan generasi keempat ini. Sebab, blok kanal para operator masih tidak berdampingan. Untuk itu Kominfo bersama operator melakukan refarming di seluruh Indonesia yang berjumlah 42 cluster.

Sebelumnya pemerintah telah menggelar layanan 4G tahap pertama di 900 MHz pada akhir Desember lalu. Namun, untuk kecepatan akses internetnya masih kalah dengan 3G karena lebar pita di 900 MHz hanya 5 MHz. Sementara di 1800 MHz lebar pitanya mencapai 75 MHz, dimana kecepatan akses internet bisa menembus 100 Mbps.

Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya

Beberapa waktu yang lalu, XL Axiata telah berhasil melakukan tahap refarming di Surabaya dan Denpasar. Operator itu berjanji akan merampungkan tahap akhir refarming, yang menjangkau Jakarta, pada akhir November. Sedangkan Telkomsel akan mengumumkan kesiapan jaringan 4G di Manado minggu depan. Perusahaan plat merah itu juga akan merampungkan refarming final di Jakarta pada akhir tahun ini.

Joko Widodo

Hangat Reshuffle, Pemerintah Diminta Perhatikan Kominfo

Jika tak diperhatikan, Indonesia bakal makin tertinggal.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016