Bangun Internet.org, Masyarakat Pedesaan Dilibatkan

Indosat dengan Parade Nusantara
Sumber :
  • Indosat
VIVA.co.id
Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu
- Program Internet.org di Indonesia, yang dipegang Indosat, dibuktikan lewat internet pedesaan. Untuk mewujudkan program ini, Indosat menunjuk Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara, yang mayoritas anggota dan pengurusnya adalah masyarakat pedesaan.

Indosat Rugi Rp1,3 Triliun

Dikatakan pihak Indosat, kerjasama diharap bisa memberikan kemudahan akses internet melalui layanan Internet.org bagi 74.620 desa di seluruh pelosok nusantara. Berbagai informasi di Internet untuk berbagai kebutuhan dasar bisa didapatkan, seperti informasi kesehatan, pendidikan, media sosial untuk komunikasi, dan berita.
2020, Tiga Miliar Orang di Bumi Terancam Masih Offline


"Ini juga tujuan untuk membuka koneksi secara digital antarKepala Desa yang tergabung dalam Parade Nusantara, untuk bisa saling berkoordinasi, sharing informasi dan lain-lain secara virtual. Mereka bisa menggali berbagai informasi termasuk potensi sosial dan ekonomi. Kami berharap, semua ini akan mampu meningkatkan kualitas hidup mereka baik secara ekonomi maupun nonekonomi," ujar Direktur Utama Indosat, Alex Rusli, dalam keterangannya, Kamis, 1 Oktober 2015.


Parade Nusantara didukung oleh seluruh aparatur pemerintahan yaitu para kepala desa, perangkat desa, mantan kepala desa, dan mantan perangkat desa, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD).


"Kami percaya, internet.org bisa membuka ‘jendela’ pedesaan yang selama 8 tahun ini tertutup. Dengan demikian, 'penyakit' yang masih menghinggapi masyarakat pedesaan, yakni ketinggalan informasi dan keterbelakangan, dapat disembuhkan," ujar Ketua Umum Parade Nusantara, Sudir Santoso.


Internet.org adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses Internet tersedia bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan Internet. Di Indonesia, Indosat adalah operator pertama yang menyediakan akses Internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses Internet tanpa pulsa melalui layanan internet.org baik untuk pelanggan IM3 & Mentari (prabayar) maupun pelanggan Matrix (paskabayar).


Kemudahan akses Internet bisa didapat melalui berbagai platform. Misalnya Ask.com dan Wikipedia untuk informasi umum, Merdeka.com dan KapanLagi untuk update berita, berita olahraga melalui Bola.net, info pendidikan melalui Kelase, info cuaca dan iklim melalui Accuweather, cerita melalui Wattpad, lowongan kerja melalui Jobstreet dan JOFOM, menjual barang-barang melalui OLX dan Tokopedia, belajar tentang isu-isu perempuan dalam situs-situs seperti BabyCenter & MAMA, dan Girl Effect, dan lainnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya