Tiru Alibaba, MatahariMall Akan Prioritaskan UKM

CEO MatahariMall.com Hadi Wenas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pemain e-commerce anyar Indonesia, berambisi untuk menjadi Alibaba versi Indonesia. Guna mewujudkan hal tersebut ada beberapa hal yang akan menjadi fokus e-commerce milik Grup Lippo tersebut.

Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi

Alibaba merupakan pemain e-commerce yang berhasil dari Tiongkok. mampu merevolusi bisnis online di Negeri Tirai Bambu tersebut. Alibaba juga bisa bersaing melawan pemain e-commerce global misalnya Amazon.

Guna mewujudkan ambisi tersebut, Chief Executive Officer (CEO) MatahariMall.com, Hadi Wenas mengatakan, perusahaannya akan mengembangkan ekosistem bisnis perdagangan online tersebut.

"Pertama, bagaimana kami memenangkan hati pada seller dan pelanggan. Sebab tanpa mereka enggak ada transaksi, kalau tanpa transaksi, jadinya hanya Ali-alian," ujar Wenas kepada VIVA.co.id di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu, 30 September 2015.

MatahariMall.com akan fokus untuk mendongkrak pebisnis kecil atau UKM demi bisa menjadi Alibaba versi Indonesia. Wenas mengatakan, hal ini penting, selain juga pastinya menggarap pebinis yang sudah mapan.

Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia

"Kalau mau jadi (Alibaba versi Indonesia), UKM itu. Enggak hanya mikir yang besar yang atas saja, tapi juga mikir yang bawah. Kita garap dua hal itu dengan serius," katanya menambahkan.

Terkait dengan strategi yang akan dicontoh dari Alibaba, Wenas menyebutkan tidak ada hal yang khusus dilakukan Mataharimall.com. Pemain e-commerce ini hanya menempatkan Alibaba sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan mengembangkan e-commerce yang sukses.

"Kita lihat figurnya bisa meng-online-kan pemain industri yang tadinya offline, dan mengglobalkan mereka. Jadi kita terinspirasi dengan keberhasilan mereka," ujar dia.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota

Grup Lippo, kata Wenas, melihat Alibaba bisa menjadi salah satu ukuran yang bisa diterapkan di Indonesia.

"Jadi kenapa di Indoensia tidak bisa seperti itu. Kita lihat lakukan, itu menginspirasi kita dan lakukan hal yang sama dan caranya harus yang Indonesia."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya