Coolpad Rilis Smartphone Sidik Jari Harga Rp2,9 Juta

Coolpad Shine
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Vendor anyar ponsel pintar asal Tiongkok, Coolpad kembali merilis produk andalannya di akhir kuartal ketiga. Coolpad meluncurkan ponsel pintar Coolpad Shine, Senin, 28 September 2015. 

Ponsel pintar ini hadir dengan mengedepankan fitur sensor pemindai sidik jari (finger print).

Vendor yang bermarkas pusat di Shenzhen, Tiongkok, itu menghadirkan fitur biometrik dengan menyesuaikan tren baru dalam teknologi gawai (gadget).

'Smartphone' Buatannya Dibilang Mirip iPhone, Ini Kata Meizu

Saat ini keamanan dan privasi menjadi masalah yang penting. Untuk itu Coolpad menyematkan pemindai sidik jari pada seri produk yang kelima sepanjang kehadirannya di Tanah Air.

"Kenapa finger print? Sebab saat ini smartphone penting bagi kehidupan Anda. Pasti Anda tak nyaman jika beraktivitas tanpa smartphone Anda," ujar Natalie Chan, Brand Manager PT Coolpad Electronics Indonesia dalam perkenalan produk, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Natalie mengatakan sensor pemindai sidik jari pada Coolpad ini menawarkan cara baru yang lebih berbeda dibanding akses keamanan ponsel pintar yang sudah umum. Misalnya, akses dengan menggunakan pola atau pattern. Baginya, akses keamanan tersebut tak nyaman dan tak sederhana.

Sementara itu, dengan pemindai sidik jari, keamanan terjamin dan cara ini sangat mudah. Dia mengatakan dengan pola yang lama maka membuka perangkat pintar butuh antara 5-9 detik. Tapi dengan sensor sidik jari Coolpad, kata Natalie, akses cepat dan mudah.

"Untuk unlock cukup 0,5 detik. Cepat, sederhana dan aman," tutur dia.

Sensor sidik jari pada Coolpad juga berbeda dengan fitur sejenis dari perangkat pintar lainnya. Coolpad mendesain sensor sidik jari 360 derajat.

Dengan cara apapun jari pengguna menyentuh bagian sensor, maka pengguna bisa mengakses ponsel pintar Coolpad Shine dari segala arah dan posisi.

Menariknya, Coolpad menyediakan lima sensor sidik jari yang memungkinkan untuk akses masing-masing aplikas yang berbeda. Misalnya jari telunjuk untuk akses kamera, jari tengah untuk akses jejaring sosial dan lainnya. Letak sensor sidik jari ini ada di bagian belakang perangkat, tepatnya di bawah kamera belakang.

Beralih ke kamera. Coolpad menghadirkan fitur yang mendukung kebutuhan visual. Kamera utama ponsel yang memiliki ketipisan 8,6 mm ini hadir dengan 13 MP dengan bukaan f2.0, sedangkan kamera depan hadir dengan 5 MP.

Bagi pengguna yang suka dengan selfie atau swafoto, kamera depan Coolpad Shine menyediakan berbagi fitur untuk swafoto. Pada menu kamera terdapat fitur Beauty Mode yang membuat foto pengguna bisa lebih indah.

Smartphone Meizu Asal China Sambangi Indonesia

Fitur lainnya yaitu Capture Smile, yang memungkinkan mengambil foto hanya dengan sensoe gestur mulut pengguna.

Bagi pengguna yang suka mengeksplorasi ponsel, Coolpad Shine dilengkapi dengan Smart Gesture. Dengan ini, pengguna bisa shortcut tertentu yang unik, misalnya gesture bentuk huruf tertentu untuk akses ke fungsi browser dan lainnya.

Natalie juga mengatakan jika pengguna merasa bentang layar Coolpad Shine 5,5 inchi HD dengan teknologi IPS ini terlalu merepotkan akses, maka pengguna bisa memanfaatkan C button. Tombol ini membantu pengguna mengeksplorasi layar dengan satu tangan pengguna saja.

Soal dapur pacu, di belakang layar Coolpad Shine dibekali dengan prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 8939 1,5 Ghz. Bekal prosesor itu dipadu dengan RAM 2 GB dan GPU Adreno 405 memungkinkan pengguna bisa mendalami aplikas berat misalnya game atau video HD. Coolpad Shine menyediakan penyimpanan intenal 8 GB.

Ponsel pintar berbasis Android 5.1 ini memiliki baterai dengan kapasitas 2500 mAh.

Coolpad membanderol ponsel pintar ini dengan harga Rp2,99 juta. Ponsel pintar ini sudah tersedia di pasaran. (ase)

Sumber: SocioGeeks

Coolpad Rilis Logo Baru di Ajang CES 2016

Coolpad berusaha memberikan brand image yang baru.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2016