Aplikasi Apple Kena 'Malware Hantu' Bertambah

Angry bird
Sumber :

VIVA.co.id - Daftar program peranti lunak jahat (malware) yang menyerang aplikasi di App Store makin bertambah. Setelah sebelumnya muncul 39 yang terkena malware XcodeGhost atau , kini daftar aplikasi yang terdampak lebih dari dua kali lipatnya.

Dilansir dari Phone Arena, Selasa 22 September 2015, yang mengutip laporan laman Bgr, jumlah aplikasi yang terdampak saat ini sampai 85 aplikasi.

Salah satu aplikasi populer yang terdampak 'malware hantu' itu adalah Angry Bird 2. Perusahaan pengembang Angry Bird, Rovio, mengatakan versi Angry Bird 2 yang terkena malware XcodeGhost itu adalah Angry Bird 2. Tapi Angry Bird yang terkena hanyalah yang tersedia di beberapa lokasi saja yaitu di Tiongkok, Taiwan, Hong Kong dan Macau. Untuk di luar wilayah tersebut, aplikasi Angry Bird 2 ditegaskan tidak terdampak.

Rovio mengatakan telah melakukan langkah sigap untuk menghapus malware yang diduga dikirimkan oleh peretas dari server di Tiongkok. Rovio juga menyarankan kepada pengguna di daerah terdampak malware, agar membuang Angry Bird 2 dan menginstal versi aplikasi yang terbaru.

Pengguna iPhone dan iPad disarankan untuk menghapus aplikasi yang masuk dalam daftar aplikasi terdampak XcodeGhost.

Berikut daftar 85 aplikasi terkena malware XcodeGhost:

AmHexinForPad, Angry Birds 2, Baba, BiaoQingBao, CamCard, CamScanner, CamScanner Lite, CamScanner Pro, Card Safe, China Unicom Mobile Office, ChinaUnicom3.x, CITIC Bank move card space, CSMBP-AppStore, CuteCUT, DataMonitor, Didi Chuxing, Eyes Wide, FlappyCircle, Flush, Freedom Battle, golfsense, golfsensehd dan guaji_gangtai en.

Selanjutnya yaitu aplikasi Guitar Master, High German map, Himalayan, Hot stock market, I called MT, I called MT 2, IFlyTek input, IHexin, immtdchs, InstaFollower, installer, iOBD2, iVMS-4500, Jane book, jin, Lazy weekend, Lifesmart, Mara Mara, Marital bed, Medicine to force, Mercury, Micro Channel, Microblogging camera, MobileTicket, MoreLikers2, MSL070, MSL108, Musical.ly, NetEase, nice dev, OPlayer dan OPlayer Lite.

Selanjutnya yaitu PDFReader, PDFReader Free, Perfect365, Pocket billing, PocketScanner, Poor tour, Quick asked the doctor, Quick Save, QYER, Railway 12306, SaveSnap, SegmentFault, snapgrab copy, Stocks open class, SuperJewelsQuest2, Telephone attribution assistant, The driver drops, The Kitchen, Three new board, ting, TinyDeal.com, Wallpapers10000, Watercress reading, WeChat, WeLoop, WhiteTile, WinZip, WinZip Sector, dan WinZip Standard.

Apple Bangun Pabrik iPhone di Indonesia, Menkominfo: Tunggu Besok
CEO Apple Tim Cook.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia pada hari ini, 17 April 2024, untuk bertemu dengan Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024