Pertama Kali, App Store Disusupi Serangan Malware Besar

Apple dilanda gugatan paten Ericsson dan Smartflash.
Sumber :
  • REUTERS/Chance Chan/Files

VIVA.co.id - Untuk pertama kalinya, pusat aplikasi Apple, mendapat serangan yang terbesar sepanjang sejarah perusahaan tersebut. Hal itu disadari setelah beberapa perusahaan keamanan menunjukkan App Store telah terserang oleh program komputer jahat yang disebut XcodeGhost. Malware ini dilaporkan tertanam dalam ratusan aplikasi sah yang ada di pusat aplikasi tersebut.

Dikutip Reuters, Senin 21 September 2015, usai mendapat serangan paling besar tersebut, Apple langsung mengambil tindakan secara sigap.

Menurut perusahaan keamanan siber Palo Alto Networks Inc, serangan ke pusat aplikasi ini merupakan serangan terbesar yang pernah menimpa Apple. Sebelumnya, serangan yang melanda App Store diketahui paling banyak ditemukan hanya lima aplikasi jahat saja.

Direktur Ancaman Intelijen Palo Alto Network, Ryan Olson mengaku sangat terkejut dengan pembobolan ini. Sebab ini merupakan kasus besar yang pertama kalinya menimpa Apple.

"Pengembang kini menjadi target besar," ujar dia.

Dalam menyebarkan serangan, Apple mengatakan peretas dilaporkan menanamkan kode jahat dalam aplikasi tercemar dan meyakinkan pengembang untuk memakai kode tersebut agar dimasukkan ke aplikasi Apple.

"Kami telah menghapus aplikasi dari App Store yang kita ketahui telah diciptakan dari peranti lunak palsu. Kami telah bekerja dengan para pengembang untuk memastikan mereka menggunakan versi yang tepat dari Xcode untuk membangun aplikasi mereka," ujar juru bicara perempuan Apple, Christine Monaghan dalam keterangannya melalui email.

Peneliti keamanan mengatakan aplikasi yang terinfeksi di antaranya pesan instan mobile populer WeChat, aplikasi pemesanan transportasi Didi Kuadi dan aplikasi musik NetEase Inc.

Oslon mengatakan kode tercemar Xcode kemungkinan diunduh para pengembang dari sebuah server di China, yang diduga lebih cepat daripada menggunakan server Apple di AS.
 
Sejauh ini belum jelas berapa aplikasi yang terkena serangan malware tersebut. Apple menolak mengunglap berapa aplikasi yang terkena, sementara perusahaana keamanan China, Qihoo360 Technology Co menyebutkan setidaknya aplikasi yang terkena malware XcodeGhost mencapai 344 aplikasi.

Atas serangan tersebut, juru bicara Apple sayangnya tidak menyebutkan bagaimana langkah yang harus dilakukan oleh para pengguna iPhone dan iPad.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Wamenkominfo Nezar Patria menjelaskan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook rencananya akan menemui Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024