Ilmuwan: Usia Peradaban Bumi dan Alien Terpaut 1.000 Tahun

Gambaran tentang planet alien, HIP 13044b
  • ESO/L. Calçada
Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien
- Ilmuwan dan pengobservasi kehidupan mahluk asing (alien) percaya bahwa sudah ada kiriman sinyal dari alien ke bumi. Sayangnya, manusia terlalu bodoh untuk bisa menerima sinyal dari alien yang superpintar.

Lima Lukisan Kuno Ini Buktikan Adanya Alien

Hal ini diungkapkan Dr Nathalie Cabrol, ilmuwan dari Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Institute, California. Menurutnya, manusia semakin dekat dalam menemukan kehidupan mikrobial dalam sistem tata surya dan kehidupan asing lainnya.
Foto 'Hantu Alien' Ini Ikut Selfie di Pesawat

"Saya percaya, suatu saat nanti, kita akan menemukan organisme asing yang memiliki karakter sama dengan bumi. Bahkan kita bisa menemukan replika dari planet bumi di galaksi ini. Sayangnya, menemukan kehidupan intelejensia lainnya bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena terbatasnya pandangan kita terhadap alam semesta," ujar Cabrol, seperti dikutip dari
Daily Mail,
Jumat, 18 September 2015.

Cabrol tetap pesimistis hal itu akan menemui perkembangan berarti dalam kurun 100 tahun ke depan. Bahkan jika ditemukan, dia percaya peradaban itu akan lebih tua dari kehidupan di bumi.

"Jika memang ada peradaban lain di luar sana, usianya pasti hanya terpaut 1.000 tahun lebih tua dari bumi. Siapa yang bisa tahu jenis teknologi atau proses komunikasi apa saja yang sudah berkembang di dunia itu?" ujar Cabrol.

Lebih tingginya kecerdasan alien dibanding manusia, dipercaya juga oleh mantan astronot, John Grunsfeld. Menurut dia, peradaban manapun di galaksi ini bisa saling memantau jika mereka memiliki teleskop dengan kecepatan 20 tahun cahaya.

Ilmuwan NASA, Ellen Stofan pernah mengatakan pada April lalu jika bukti kehidupan di luar angkasa bisa ditemukan dalam kurun 20 sampai 30 tahun ke depan. NASA mengklaim telah mengetahui wilayah mana yang harus diobservasi dan teknologi yang akan digunakan. Sayangnya, yang akan ditemukan bukanlah alien dengan tubuh mirip manusia kurus berwarna hijau.

"Kita tidak berbicara mengenai mahluk bertubuh kurus berwarna hijau. Jangan harapkan itu. Yang akan kita temukan adakan mikroba-mikroba kecil," ujar Stofan.