Siap-siap, Drone Bakal Makin Murah

Kamera drone.
Sumber :
  • i.ytimg

VIVA.co.id - Perangkat terbang tak berawak . Hal ini menyusul dukungan ekosistem drone. Salah satu yang menawarkan drone akan makin terjangkau ialah berkat adanya chip yang murah.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Dikutip Immortal, Minggu 13 September 2015, perusahaan pembuat chip ponsel pintar, Qualcomm Technologies, pekan ini mengumumkan platform chip baru khusus untuk generasi anyar.

Platform yang dimaksud yaitu, Snapdragon Flight. Ini merupakan sistem chip (SoC) yang dikhususkan untuk perangkat terbang tersebut.

Dengan mengambil pengalaman dalam memasok chip pada ponsel pintar, SoC disebutkan akan memiliki kualitas yang sama dengan SoC pada ponsel pintar.

Dilaporkan, SoC untuk drone keluaran Qualcomm ini berbasis pada prosesor Snapdragon 801 yang banyak ditemukan pada sejumlah ponsel pintar Android.

Sistem ini memiliki fitur prosesor quadcore 2,26 Ghz, prosesor sinyal digital untuk kendali penerbangan real time, WIFi, Bluetooth, penerima GPS dan pemproses video 4K.

Qualcomm menyebutkan dengan menempatkan berbagai fitur tersebut dalam satu sistem chip, maka setidaknya mengurangi ruang pada papan pemproses. Dengan papan pemproses yang lebih kecil berarti hanya butuh baterai yang lebih kecil dan akhirnya mampu meningkatkan kinerja motor drone.

"Dan memungkinkan drone bisa dibuat lebih kecil dan lebih murah," kata Qualcomm.

Senior Wakil Presiden Manajemen Produk Qualcomm, Raj Talluri mengatakan Snapdragon Flight tidak hanya menjadikan drone yang murah dengan kualitas tinggi saja, tapi juga menjadi makin bisa dipasarkan kepada konsumen. Talluri mengatakan salah satu fitur yang makin bisa dipasarkan dengan sistem ini yaitu kemampuan swafoto (selfie).

"Orang menginginkan untuk mengambil gambar," kata dia.

Sistem chip ini akan dipasangkan pada drone Tiongkok, Yuneec pada 2016. Drone ini diperkirakan akan berharga US$300 (Rp4,2 juta). (ase)

Drone OS-Wifanusa

Drone Amfibi Penjaga Wilayah RI Kantongi Sertifikat Militer

Drone OS-Wifanusa telah jalani uji kelaikan sebulan lebih

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016