Ambisi Tiongkok Jelajahi Sisi Gelap Bulan

Supermoon
Sumber :
  • REUTERS/Radu Sigheti

VIVA.co.id - Saat ini Tiongkok sedang mengembangkan program antariksa yang semakin ambisius. Negara paling banyak di dunia tersebut berkeinginan untuk menjadi yang pertama menjelajah sisi gelap bulan.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Diketahui, sisi gelap bulan yang tak terpancar oleh sinar matahari belum pernah dijelajah, meskipun Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pernah melancarkan programnya ke satelit alami bumi itu.

Dilansir dari CBS news, Kamis, 10 September 2015, Tiongkok berhasrat mendaratkan robotik antariksa pada bagian gelap bulan tersebut. Direncanakan program yang bernama misi The Change'e  itu akan terealisasi sebelum 2020.

Zou Yongliao dari Departemen Eksplorasi Bulan Chinese Academy of Sciences, mengatakan ke media lokal setempat bahwa misi tersebut bertujuan untuk mempelajari kondisi geologi bulan yang paling jauh atau yang permukaannya gelap.

"Pada akhirnya kita akan menempatkan teleskop radio yang digunakan oleh para astronom. Itu akan membantu 'mengisi kekosongan' dalam pengetahuan manusia tentang alam semesta," ungkap Zou.

Saat ini, dijadwalkan misi bulan Tiongkok itu akan terbang ke luar angkasa pada 2017. Ketika itu, negeri Tirai Bambu ini mencoba untuk mendaratkan pesawat luar angkasa tanpa awak di permukaan bulan, kemudian kembali ke bumi dengan membawa sampel.

Bila itu berhasil, maka Tiongkok akan tercatat sebagai negara ketiga, setelah Amerika Serikat dan Rusia yang melakukan program antariksa serupa.

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016