Ini Fitur-fitur Andalan iPhone 6s

Iphone, salah satu produk Apple.
Sumber :
  • REUTERS/Beck Diefenbac

VIVA.co.id - Apple akhirnya memperkenalkan seri iPhone terbarunya, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus ke publik. Seperti yang sudah banyak dirumorkan selama ini, seri iPhone terbaru mengusung peningkatan fitur luar dan dalam. Mulai dari cara berinteraksi dengan iPhone, pengambilan foto sampai fitur luar seperti kamera.

Dikutip dari Macdailynews, Kamis 10 September 2015, Apple menyebutkan semua dari segala sisi mengalami perubahan.

"Satu-satunya hal yang berubah dalam iPhone 6s dan iPhone 6s Plus adalah semuanya, 3D Touch memungkinkan pengguna berinterkasi dengan iPhone dengan cara yang baru dan menyenangkan," kata Philip Schiller, Wakil Presiden Senior Pemasaran Apple dalam perkenalan produknya.

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, iPhone baru hadir dengan memperkenalkan 3D Touch. Fitur sentuhan ini disebutkan memberikan sensasi berbeda dalam cara intuitif untuk mengakses fitur dan berinteraksi dengan konten.

Fitur 3D Touch akan mendeteksi tekanan dan gesture baru dari pengguna. Pada iPhone baru ini punya dua gaya baru dalam akses yaitu Peek dan Pop. Cukup tekan ringan Peek pada foto, email, halaman web atau konten lainnya dan tekan lebih dalam dengan gaya Pop untuk mengeksplorasi lebih dalam pada konten yang ingin didalami.

Kunci dari 3D Touch yaitu Quick Actions yang memberikan jalan pintas akses ke pengguna. Misalnya ingin swafoto (selfie) maka cukup tekan ringan saja di bagian Home.

Dari sisi pengalaman berfoto, Apple juga memperkenalkan cara baru dalam fotografi, dengan Live Photos.  Dengan fitur ini, pengguna bisa merekam video pendek saat pengguna mengambil rangkaian foto. Fitur ini disebutkan sudah ada sebagai bawaan namun pengguna bisa mematikan fitur ini jika tidak memerlukannya.

Pengalaman berfoto pada iPhone baru didukung dengan kamera utama iSight 12 MP. Pada kamera seri iPhone 6s ini memiliki kemampuan bisa mengambil video dengan kualitas 4K, resolusi 3840x2160. Dengan peningkatan  optical image stabilization (OIS) pada kamera, memungkinkan pengambilan video indah dalam cahaya kurang sekali pun.

Setelah mengambil video 4K, pengguna juga bisa mengedit di Macbook, PC, iPad dengan versi iMovie terbaru di iPhone. Cara edit dalam dua perangkat berbeda bisa dilakukan secara simultan.
'
Untuk kamera depan, dua iPhone 6s tersebut hadir dengan kamera 5 MP faceTime HD dan flash Retina. Bekal fitur itu diklaim menampilkan kecerahan tiga kali lipat. Kecerahan itu juga berkat teknologi True Tone. Dengan demikian, kata Apple, pengambilan swafoto akan lebih cerah dalam pencahayaan kurang.

Selanjutnya untuk menopang kinerja, Aple menyematkan chip A9 yang merupakan generasi ketiga chip 64-bit. Cip A9 memungkinkan CPU bekerja 70 persen lebih cepat, dan performa grafis lebih cepat 90 persen dibandingkan chip A8. Chip terbaru itu juga diklaim berkontribusi dalam menghemat daya tahan baterai.

Pada A9 juga telah disematkan M9, coprocessor gerakan generasi terbaru Apple. M9 memungkinkan fitur pada iPhone 6s tetap berjalan meski dalam daya iPhone yang rendah. Misalnya pengguna masih bisa mengakses asisten virtual Siri.

Bicara soal kemampuan jaringan, iPhone 6s memiliki teknologi WiFi dan LTE Advanced yang lebih cepat. Ponsel terbaru Apple ini diklaim juga memungkinkan pengguna browsing, unduh dan streaming secara lebih cepat. iPhone baru juga mendukung 23 LTE band, menjadikan pengguna tak was-was jika sedang menjelalah ke berbagai belahan dunia.

iPhone 6s dan 6s Plus hadir dengan berbasis iOS 9. iPhone terbaru ini tersedia dalam pilihan warga emas, perak dan space gray.

Soal harga, iPhone 6s tersedia mulai US$199 untuk versi 16 GB, US$299 (64GB), US$399 (128 GB) dengan catatan kontrak dengan operator selama dua tahun. Pemesanan iPhone 6s disebutkan mulai 12 September dan penjualan pertama akan mulai mulai 25 September. 

VIDEO: Parah, iPhone 6s 'Diampelas' Pakai Roda Moge

Negara yang mendapatkan kesempatan pertama kehadiran iPhone 6s yaitu Tersedia di Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Selandia Baru, Puerto Rico, Singapura, Inggris dan AS.

Iphone, salah satu produk Apple.

Erajaya: Hanya Tuhan yang Tahu Kapan iPhone 6s Hadir di RI

Diprediksi iPhone 6s hadir di Indonesia pada Februari 2016.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2015