VIDEO: Misteri Jatuhnya 'Sampah Luar Angkasa' ke Bumi

Penampakan cahaya di Bangkok dari luar angkasa
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Beberapa orang mengaku telah merekam peristiwa yang sangat fenomenal. Kala itu terlihat cahaya putih melintas kemudian meledak sebelum sampai ke permukaan bumi.

Kejadian ini diabadikan dalam beberapa rekaman video yang diposting di Youtube. Dilansir Huffington Post, Selasa 8 September 2015, cahaya putih dari luar angkasa itu jatuh di tengah jalanan yang ramai di Bangkok, Thailand.

"Saat itu saya sedang ke arah Barat menuju lokasi kantor. Kejadiannya sekitar pukul 08.41 pagi di jalan Ngamwongwas, Nonthaburi Thailand. Bola api itu muncul," ujar pemosting video yang mengaku bernama Porjai Jaturongkhakun.

Video itu diposting Porjai pada 6 September ke Facebook. Lebih dari 300 ribu orang telah menonton video bola api yang jatuh di Bangkok ini.

Ada video lain yang juga membuktikan jika bola api itu benar-benar muncul di Bangkok. Video postingan Mesapong Poojeenapun di-upload pada hari yang sama dan memperlihatkan cahaya putih melintas dengan cepat untuk kemudian meledak. Bedanya, jika Porjai merekam saat berada di dalam mobil, Mesapong merekamnya saat sedang mengendarai motor.

Peneliti dari National Astronomical Research Institute of Thailand, Saran Poshyachina, mengatakan jika cahaya yang melesat itu bisa saja meteor yang jatuh ke bumi. Namun media lain mengidentifikasinya sebagai 'sampah luar angkasa' yang memang diprediksi akan jatuh ke bumi.

Sampah luar angkasa bernama Flock 1B-11, dengan nomor objek 40459U diperkirakan berada dekat dengan atmosfer bumi. Objek itu berpotensi terjatuh ke bumi dan akan terbakar sebelum sempat mencapai permukaan.

Diketahui, jutaan sampah luar angkasa memang ada di atas bumi. Ribuan dari sampah luar angkasa itu berpotensi untuk masuk ke atmosfer dan jatuh ke bumi setiap tahunnya.

Potret Polusi Parah China Dilihat dari Antariksa
Objek bola misterius di Vietnam

Tiga Bola Misterius dari Langit Mendarat di Vietnam

Diduga merupakan sisa kegagalan peluncuran satelit.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2016