Pandi Pesimis Target Satu Juta Domain .id Tercapai

Ilustrasi alamat domain Internet.
Sumber :
  • telecomcanadaen.wordpress.com
VIVA.co.id
Pendaftaran Nama Domain Juga Terintegrasi Dukcapil
- Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) terus menggembleng program satu juta domain .id. Program tersebut, tercetus dari rencana Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, yang ingin menyaingi kedigdayaan domain .com.

Domain .go.id Mudah Dijebol Peretas, Ini Kata Pandi

Ketua Umum Pandi, Andi Budimansyah, mengungkapkan pihaknya saat ini selalu mempromosikan domain lokal tersebut ke daerah-daerah di Indonesia. Selain itu, agar pengguna semakin tergiur, Pandi menerapkan beberapa strategi, termasuk potongan harga.
Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com


"Nama domain .id targetnya saat ini sangat luar biasa. Agak khawatir, kalau tidak tercapai. Kita sudah mulai muter-muter ke beberapa daerah untuk sosialisasikan domain .id, seperti ke Yogya, Padang, Bandung, dan Makassar," ujar dia ditemui di Puri Denpasar Hotel, Jakarta, Senin 7 September 2015.


Saat ini, Andi mengungkapkan, total domain .id yang sudah dilirik mencapai 147 ribu dari 13 jenis domain yang ditawarkan oleh Pandi. Ia menjelaskan, jenis domain .co.id, menjadi yang paling laris.


"Domain .co.id itu mencapai 64 ribu, diikuti web.id dengan 24 ribu, apapun.id mencapai 16 ribu peminat, dan sisanya adalah domian lain," kata dia.


Meski diiringi rasa pesimis, disampaikan Andy, Pandi akan tetap mengejar program ambius tersebut. Ia pun memprediksi program satu juta domain lokal akan tercapai dua tahun lagi.


"Sampai akhir tahun 2016, kami menargetkan sampai 500 ribu domain .id dapat digunakan. Di tahun berikutnya, akhir 2017, mudah-mudahan program satu juta domain itu tercapai," ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya