Polri Naksir Pesawat Tanpa Awak Ciptaan LAPAN

pesawat Northrop Grumman MQ-4C Triton
Sumber :
  • REUTERS/Northrop Grumman/Bob Brown
VIVA.co.id
Untuk Riset, Lapan Tak Masalah Drone Terbang 150 Meter
- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sepakat untuk menandatangani naskah kerja sama. Duet lembaga ini berkaitan pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan dalam mendukung tugas kedua instansi.

Siapa Pemilik Drone yang Jatuh di Menara BCA Jakarta

Tujuan dari kerja sama ini, yaitu untuk bersinergi mewujudkan kerja sama pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Pesawat Tanpa Awak Jatuh di Menara BCA Jakarta


"Ruang lingkup kerja sama kedua lembaga, antara lain mencakup pemanfaatan, pengembangan sains dan teknologi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta penegakan hukum," ujar Kepala Bagian Humas LAPAN, Jasyanto, melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 September 2015.


Jasyanto mengklaim bahwa kedua lembaga ini akan berperan aktif untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya seperti pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa untuk memetakan dan memantau jalur mudik saat libur hari raya.


"Data citra satelit dan pesawat tanpa awak buatan LAPAN akan membantu pihak kepolisian dalam membuat rencana aksi pengamanan serta memantau dan menjamin kelancaran perjalanan di jalur mudik," katanya.


Jasyanto menjelaskan kerjasama LAPAN dan Polri ini bentuk upaya dari implementasi pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa, sesuai dengan Undang-undang Keantariksaan, berfungsi sebagai penyelenggara kegiatan keantariksaan nasional.


"Untuk itu, LAPAN melakukan kerja sama ini merupakan implementasi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan," kata dia.


Diketahui, undang-undang tersebut mengamanatkan lembaga pemerintah nonkementerian ini untuk mengoptimalkan penyelenggaraan keantariksaan untuk kesejahteraan rakyat dan produktivitas bangsa.


Ditegaskan, LAPAN juga diamanatkan untuk mewujudkan penyelenggaraan keantariksaan sebagai komponen pendukung integritas NKRI demi kepentingan nasional.


"Atas dasar amanat inilah, LAPAN bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia," ujar dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya