Hewan Aneh, Tanpa Organ dan Saraf Tapi Bisa Memangsa

Trichoplax adhaerans
  • www.livescience.com

VIVA.co.id - Peneliti National Institute of Mental Health, Amerika Serikat menemukan hewan yang tergolong aneh. Hewan sel berukuran milimeter yang dinamai Trichoplax adhaerans tak memiliki organ sama sekali. Hewan ini tak punya otot maupun otak. Namun anehnya, Trix, hewan multiseluler itu biasa disebut, bisa memburu, melarutkan dan mengonsumsi ganggang dengan sangat canggih.

Dikutip dari Live Science, Jumat 4 September 2015, peneliti bahkan mengatakan tidak mengenali sel otot atau saraf pada Trix. Awal mula peneliti bisa mengungkap hewan aneh ini saat mempelajari bagaimana evolusi sistem saraf pada hewan.

"Trix seolah berperilaku yang menunjukkan ia punya sistem saraf, namun dia tak memiliki saraf khusus dan sinapsis," kata Thomas Reese, peneliti senior National Institute of Neurological Disorders and Stroke, AS.

Salah satu penulis studi yang merupakan peneliti National Institute of Mental Health, Carolyn Smith mengaku pertama kali melihat Trix pada 2008. Saat itu bersama tim peneliti lain Smith sedang meneliti evolusi sistem saraf, tapi tiba-tiba ia menemukan Trix berputar-putar dalam layar mikroskopnya.

Smith, yang merupakan rekan sekaligus istri Reese, kemudian merasa terkesima dengan hewan mini tersebut. Beberapa pekan usai pertama melihat Trix, ia mengaku menduga kehadiran gen sistem saraf primitif berbentuk cakram pada Trix tersebut.

Tapi dalam penelitian lebih lanjut pada 2014, Smith dan kolega menemukan keanehan pada Trix.

Dengan menggunakan mikroskop elektron beresolusi tinggi dan memiliki panjang gelombang 100 ribu kali lebih kecil dari cahaya, peneliti mengatakan ada dua jenis sel pada Trix yang sebelumnya tak dikenali. Total sel pada Trix dketahui total berjumlah enam, bandingkan dengan manusia yang punya ratusan jenis sel berbeda.

Nah satu jeni sel pada Trix merupakan sel kristal, yang diduga berfungsi untuk merasakan lingkungan sekitarnya. Sedangkan sisa sel lainnya, yaitu sel lipophil, yang ada di perut Trix dan mengandung butiran kimia yang diperkirakan enzim pencernaan.

Lantas bagaimana Trix makan jika tak punya organ pencernaan?. Dalam penelitian, peneliti menemukan potongan kecil ganggang, bulu halus tumbuh-tumbuhan pada Trix dan sel lipophil merilis enzim pencernaan yang mengoyak sel ganggang agar terbuka, kemudian sel tersebut seakan menyedot isi makanan Trix.

Peneliti mengatakan cara Trix ini tergolong canggih, sebab sel Trix dituntut untuk mengoordinasikan selnya untuk mendeteksi makanan potensial.

Hasil penelitian ini mendapat pujian dari ilmuwan lain di luar tim peneliti.

Leo Buss, profesor ekologi dan biologi evolusi, Universitas Yale, AS mengganggap temuan ini bisa membantu penelitian komunikasi hewan dengan sel dalam jangka panjang dan pendek.

"Kami memiliki pemahaman yang berubah bagimana evolusi sistem saraf dan pencernaan dalam organisme kecil. Jadi ini ada kesempatan ilmiah yang lebih besar," ujar Buss.

Hasil temuan hewan aneh itu telah diterbitkan di jurnal PLOS ONE.

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia
Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

11 Maret 2022