Ini Bukti Penyebab Bumi Punah Bukan karena Asteroid

Foto Bumi tahun 2015
Sumber :
  • NASA
VIVA.co.id
VIDEO: Wajah Bumi 24 Jam, dari Terang Menuju Gelap
- Selama ini ilmu pengetahuan meyakini jika kepunahan massal yang pernah terjadi di bumi ratusan juta tahun lalu dikarenakan hantaman asteroid dan gunung meletus. Namun teori itu tidak sepenuhnya benar.

Lempeng Tektonik Bumi Terbentuk 3 Milyar Tahun Lalu

Sebuah studi baru menemukan jika mikroba yang hidup pertama kali di bumi merupakan penyebab kepunahan bumi. Mereka melakukannya bukan dengan kekerasan, melainkan melalui evolusi.
Lima Pengaruh Rotasi Bumi yang Perlu Diketahui


"Kepunahan massal di bumi yang terjadi 540 juta tahun lalu diakibatkan sesuatu hal yang berjalan sangat lambat, evolusi. Proses itu mampu menyapu semua kehidupan kompleks yang ada di bumi. Butuh waktu lama untuk mengenali bahwa organisme biologi ternyata mampu menimbulkan kepunahan massal di sini," ujar Simon Darroch, asisten profesor sains bumi dan lingkungan dari Vanderbilt University, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Kamis 3 September 2015.


Menurut Darroch, kehidupan awal yang ada di bumi terdiri dari mikroba, yakni mikroorganisme sel tunggal yang terdiri dari beragam jenis. Mereka menguasai dunia selama lebih dari tiga miliar tahun. Kemudian tidak lama, beberapa dari mikroorganisme ini menemukan cara untuk bisa mengambil energi dari matahari.


"Proses fotosintesis yang mereka kembangkan merupakan oksigen beracun. Bagi kebanyakan mikroba yang telah berevolusi di lingkungan bebas oksigen, senyawa itu sangat beracun. Ini menjadikannya sebagai polutan pertama di dunia. Namun tidak bagi mikroorganisme yang mengembangkan metode untuk melindungi diri mereka sendiri. Oksigen dijadikan sebagai sumber energi baru yang cukup besar," jelas Darroch.


Dikatakannya, pengembangan itu memungkinkan mereka menjadi spesies yang lebih kompleks, salah satunya membentuk organisme sel ganda yang disebut Ediacaran. Spesies inilah yang mengambil alih dunia 600 juta tahun lalu. Ediacaran mirip dengan tanaman, tidak bisa bergerak namun bentuknya mirip tabung dan tidak memakan sesama.


60 juta tahun kemudian, beberapa Ediacaran berevolusi menjadi hewan seperti moluska, anthropoid dan ubur-ubur. Hewan-hewan kompleks yang kelaparan inilah yang menyebabkan kepunahan massal awal di bumi, memakan semua Ediacarans.


"Spesies baru ini merupakan mesin ekologi yang mengubah lingkungan. Mereka membuat Ediacaran sulit untuk bertahan," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya